Apa itu Gudang? Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Manfaatnya

banner

Tahukah kamu, gudang adalah sebuah hal yang wajib dimiliki oleh para pebisnis, terutama yang bergerak di bidang produksi maupun industri. Jadi dapat dikatakan, keberadaan gudang sebagai tempat penyimpanan barang atau hasil produksi tentu tidak dapat dilepaskan dari dunia perdagangan.

Akan tetapi, apa sih pentingnya gudang bagi kelancaran bisnis? Nah agar kamu semakin paham, simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut yuk, sobat!


Apa itu Gudang?

Secara sederhana, gudang adalah sebuah ruang yang dibuat dengan tujuan untuk menyimpan berbagai barang. Namun dalam aktivitas ekonomi, pengertian gudang tak hanya terbatas sampai disitu.

Jika dilihat dari sisi bisnis, gudang adalah ruang penyimpanan produk sebelum akhirnya dijual atau didistribusikan kepada para konsumen maupun distributor dengan skala lebih kecil. Sampai di sini, dapat dipahami bahwa gudang adalah suatu fasilitas yang digunakan sebagai lokasi penyaluran barang dari pihak pemasok hingga sampai ke tangan pengguna.


Tujuan Gudang

Fasilitas gudang biasanya diadakan dengan beberapa tujuan seperti:

1. Kebutuhan produksi

Seperti yang disinggung sebelumnya, gudang dibuat dengan tujuan untuk menunjang kebutuhan produksi. Nah dimana dalam proses produksi ini sendiri umumnya akan menghasilkan produk dengan sifat yang berbeda-beda. 

Hal ini membuatnya dikelompokkan berdasarkan barang yang bisa dikonsumsi secara langsung dan barang yang perlu disimpan terlebih dahulu.

2. Pengurangan biaya transportasi dan produksi

Tak hanya sekedar digunakan sebagai tempat penyimpanan, fasilitas gudang sebenarnya juga bertujuan untuk menekan biaya transportasi dan produksi. Hal ini dapat terjadi karena peran gudang yang memang ditujukan sebagai penyimpanan barang persedian produksi.

3. Pengkoordinasian antara penawaran dan permintaan

Seperti yang diketahui, permintaan pasar memang tidak bisa selalu dipastikan secara akurat. Di satu sisi, penawaran harus terus berjalan sehingga gudang akhirnya dibuat untuk mengkoordinasikan antara penawaran dengan permintaan.

Dapat dikatakan, penggunaan gudang sangat penting sebagai lokasi penyimpanan barang saat jumlah produksi naik atau ketika permintaan menurun.

4. Kebutuhan pasar

Demi memastikan distribusi barang tidak terganggu, maka gudang diperlukan untuk menampung persediaan produk. Hal ini berguna agar permintaan barang yang harus selalu ada oleh konsumen dapat terus dicukupi.


Fungsi Gudang

Sebagai lokasi penting untuk memfasilitasi proses dan kegiatan pengelolaan barang, maka dapat dipahami bahwa fungsi gudang adalah sebagai berikut:

1. Penerimaan

Penerimaan atau receiving adalah proses penerimaan material pesanan perusahaan yang dikirim oleh pihak supplier sekaligus mendistribusikannya ke lantai produksi dengan tetap mempertahankan kualitasnya.

2. Persediaan

Dalam proses persediaan, fungsi gudang adalah untuk menjamin agar permintaan konsumen dapat terpenuhi sehingga mendukung terwujudnya kepuasan pelanggan.

3. Penyisihan

Penyisihan atau put away merupakan kegiatan peletakan barang-barang ke dalam lokasi penyimpanan.

4. Penyimpanan

Juga bisa dengan istilah storage, kali ini fungsi gudang adalah sebuah bentuk fisik dari produk-produk yang disimpan sebelum adanya permintaan dari konsumen.

5. Pengambilan pesanan

Sesuai namanya, pengambilan pesanan atau order picking adalah proses pengambilan barang sesuai permintaan konsumen dari gudang.

6. Pengepakan

Setelah pengambilan pesanan usai, maka selanjutnya akan dilakukan proses pengepakan atau packaging.

7. Penyortiran

Di sini, fungsi gudang adalah sebuah proses pengambilan batch menjadi pesanan individu sekaligus mengakumulasi distribusi pengambilan barang. Penyortiran dapat terjadi akibat adanya variasi produk dalam jumlah yang sangat besar.

8. Pengepakan dan pengiriman

Terakhir, ada proses pengepakan dan juga pengiriman yang dilakukan untuk memeriksa barang, mulai sejak berada dalam kontainer hingga terjadinya pengiriman.


Manfaat Gudang

Sebagai penunjang kelancaran aktivitas ekonomi, beberapa manfaat gudang adalah sebagai berikut:

1. Manufacturing support

Manufacturing support atau pendukung proses produksi dapat diartikan bila keberadaan gudang berperan penting dalam mendorong kelancaran proses produksi. Hal ini tentunya meliputi penyimpanan, transportasi, dan sistem lainnya yang telah diatur untuk memastikan proses produksi dapat berjalan sesuai target.

2. Production mixing

Perlu diketahui, gudang juga merupakan fasilitas yang digunakan sebagai lokasi penyortiran barang atau produk sebelum akhirnya didistribusikan ke pasar.

3. Sebagai perlindungan terhadap barang

Lebih dari tempat penyimpanan, gudang ternyata juga dirancang agar mampu menjamin keamanan seluruh produk di dalamnya, baik dari bahaya pencurian, banjir, kebakaran, dan berbagai masalah keamanan lainnya.

4. Pemisahan produk dari pencernaan

Gudang juga dapat dimanfaatkan untuk memisahkan antara material berbahaya dan material tidak berbahaya. Hal ini sangat berguna apabila terdapat material yang berisiko membahayakan maupun menimbulkan pencemaran mampu diantisipasi terlebih dahulu sebelum akhirnya digabung atau bahkan dipasarkan ke konsumen.

5. Sebagai persediaan

Sebagai pelaku bisnis, memprediksi permintaan produk secara akurat merupakan hal yang terbilang cukup sulit. Di sinilah, gudang hadir sebagai solusi untuk menyimpan barang sekaligus menangani persediaan produk.


Dari pembahasan di atas, kamu sudah tahu kan bahwa gudang adalah pendukung aktivitas ekonomi yang sangat penting. Oleh karena itu, yuk mulai kembangkan bisnismu dengan Crewdible, pionir gudang online terpercaya Indonesia.

Segera daftar menjadi seller dan serahkan semua masalah operasional tokomu ke Crewdible sekarang juga!
  • Latest Article