Kenali Apa Itu Mitra Bisnis, Tujuan & Cara Tepat Mencarinya

mitra bisnis

Mitra bisnis adalah rekan kerja dalam menjalankan suatu usaha. Namun dalam memilihnya, diperlukan teknik khusus agar kemitraan dapat berjalan lancar. 

Walaupun bekerja sama dengan orang-orang yang dikenal terkesan baik, kegagalan dalam upaya tersebut dapat merusak hubungan bersama.

Oleh karenanya, penting untuk kamu mengenal terlebih dahulu apa itu mitra bisnis dan informasi seputarnya mengenai cara mencari partner bisnis yang dapat dipercaya guna menjalankan usaha bersama. Yuk simak!

Apa itu Mitra Bisnis?

Mitra bisnis adalah rekan yang berhubungan dengan kamu untuk menjalankan usaha atau mencapai tujuan komersial sesuai dengan kesepakatan bersama. 

Kegiatan-kegiatan seperti mengelola laju finansial, mengatur SDM, dan menyiapkan infrastruktur organisasi dapat dilaksanakan oleh partner usaha.

Hubungan mitra bisnis adalah hal yang bersifat saling menguntungkan. Sesuai dengan niatnya untuk mencapai tujuan komersial bersama, biasanya jangka waktu panjang dan lebih lama menjadi ciri khas lain dari relasi berikut.

Tujuan dan Fungsi Mitra Bisnis

Adapun mitra bisnis adalah kegiatan yang memiliki tujuan serta fungsinya masing-masing. Berikut beberapa diantaranya:

1. Menjalin relasi sosial

Salah satu tujuan mitra bisnis adalah untuk menjalin hubungan dengan perusahaan atau entitas lain sebagai rekan kerja. 

Fungsi berikut tidak menekankan target komersial saja namun bisa kepada dampak sosial yang dimiliki oleh relasi ini.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan menggandeng organisasi-organisasi lokal dalam proses produksi bersamaan dengan meningkatkan kesejahteraannya.

2. Membangun perusahaan

Memiliki mitra bisnis adalah hal yang sangat menguntungkan. Terlebih apabila kamu sedang dalam tahap awal atau membangun perusahaan. 

Salah satu tujuan adanya rekan kerja ialah untuk membantu dalam operasional organisasi. 

Apabila kamu menemukan rekan yang dapat dipercaya, meraih tujuan bisnis bersama akan terasa lebih mudah dan ringan.

3. Meningkatkan perekonomian

Tujuan paling umum dalam bermitra adalah untuk meningkatkan status ekonomi suatu perusahaan. 

Hubungan kerja yang telah terjalin dengan baik akan memudahkan organisasi guna mencapai hajat komersial. 

Dalam praktik menjalankan usaha, hanya memiliki mitra bisnis saja tidak cukup. Kamu perlu sikap tekun dan keahlian untuk mencapai tujuan bisnis. 

Namun setidaknya dengan adanya pihak lain dapat membantu guna mencapai target perusahaan.

Baca juga: Manajemen Bisnis Adalah: Definisi, Fungsi, Komponen, Contoh

Jenis Mitra Usaha

Mitra usaha pun memiliki beragam jenis. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan keperluan bisnis. Berikut beberapa di antaranya.

1. Kemitraan terbatas

Pada jenis berikut, usaha memiliki satu atau lebih mitra bisnis dengan tanggung jawab terbatas. Umumnya, keterbatasan ini sesuai dengan dana yang telah diinvestasikan oleh rekan tersebut. 

Oleh karenanya, peran partner organisasi tersebut lebih kepada investor pasif dan tidak memiliki wewenang dalam menjalankan operasional perusahaan.

2. Kemitraan umum

Kemitraan umum adalah rekan bisnis yang membantu dalam menjalankan aktivitas-aktivitas usaha dalam sehari-harinya. 

Maka dari itu, pihak ini juga memiliki tanggung jawab di depan hukum dan juga sebagai pemilik hutang.

3. Kemitraan pertanggungan terbatas

Jenis terakhir mitra bisnis adalah kemitraan pertanggungan terbatas. Di sini ada percampuran antara rekan yang mempunyai wewenang dalam menjalankan operasional perusahaan dan juga beberapa partner selaku investor pasif.

Contoh Mitra Bisnis

Dikutip dari Pasal 106 Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Perlindungan, serta Pemberdayaan Koperasi dan UMKM, contoh mitra bisnis ada 10 bentuk seperti berikut ini.

  1. Subkontrak

  2. Inti-plasma

  3. Waralaba

  4. Distribusi dan keagenan

  5. Perdagangan umum

  6. Bagi hasil

  7. Rantai pasok

  8. Usaha patungan (joint venture)

  9. Kerjasama operasional

  10. Outsourcing

Baca juga: Mengenal Studi Kelayakan Bisnis: Manfaat Hingga Contohnya

Cara Mencari Mitra Bisnis yang Dapat Dipercaya

Rekan kerja dapat dipercaya merupakan impian setiap wirausahawan. Berikut beberapa cara mencari mitra bisnis yang handal.

1. Kesesuaian dalam visi, misi, dan passion

Tips pertama dalam cara mencari mitra bisnis adalah kesamaan pandangan visi, misi dan minat serta bakat dalam spesifik usaha yang digeluti. 

Sebagai contoh, kamu sedang membangun bisnis properti. Pastinya, rekan kerja yang dicari harus memiliki selera risiko serupa dan memiliki minat serta kemampuan dalam dunia bangunan. 

2. Memeriksa track record rekan kerja

Cara mencari mitra bisnis lainnya adalah melalui rekam jejak perusahaan maupun pendirinya. 

Kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu untuk memastikan kinerja dan kredibilitas calon rekan kerja. 

Pada proses penjajakan ini, kamu bisa menyeleksi mana rekan kerja yang patut dipilih dan tidak. Riwayat prestasi tentunya akan menjadi penunjang. 

Sebaliknya, sejarah kriminalitas seperti korupsi serta penipuan dapat mengurangi kredibilitas perusahaan tersebut untuk dijadikan calon partner.

3. Pastikan kondisi finansial mitra bisnis terjaga

Cara mencari mitra bisnis selanjutnya adalah dengan memeriksa kesehatan keuangan calon rekan usaha. 

Pasalnya, kamu akan saling bekerja sama dan berbagi imbal hasil sesuai dengan porsi yang telah disetujui. 

Kondisi finansial menjadi tolak ukur karena apabila buruk dan terlilit oleh hutang, hal itu bisa berdampak pada keberlangsungan usaha kamu.

4. Mempunyai keterampilan khas guna saling melengkapi

Maksudnya adalah memiliki keterampilan yang berbeda dengan perusahaan kamu. 

Sebagai ilustrasi, organisasi A sangat piawai dalam mengelola operasional dan teknikal dari proses produksi barang A1. Sedangkan bisnis B memiliki kemampuan serta riwayat marketing produk serupa A1. 

Perusahaan A sedang memerlukan bantuan marketing produknya. Oleh karena itu, organisasi B adalah contoh mitra bisnis yang ideal.

5. Memiliki kejelasan dalam berkomunikasi dan berkoordinasi

Terakhir dan tidak kalah penting, cara mencari mitra bisnis adalah dengan memastikan jalur komunikasi serta berkoordinasi lancar menjadi penentu apakah mitra bisnis dapat dipercaya. 

Kondisi ekonomi yang berubah-ubah sekaligus banyaknya aktivitas perusahaan memerlukan kecekatan bersama keterampilan dalam menyampaikan informasi.

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu bahwa masing-masing pihak mitra bisnis memiliki persetujuan mengenai alat komunikasi dan kesepakatan untuk bersikap responsif serta terbuka terhadap informasi yang masuk guna mencapai tujuan komersial bersama.

Demikian perkenalan singkat mengenai apa itu mitra bisnis dan beragam manfaatnya untuk suatu organisasi. 

Memiliki rekan kerja dapat meningkatkan efektivitas perusahaan serta berpotensi menjangkau lebih banyak pasar lantaran beragam koneksi yang dibawa oleh kamu bersama partner kerja.

Crewdible juga siap menjadi mitra bisnis yang terpercaya untuk para pebisnis. Sekarang, tidak perlu repot memikirkan biaya operasional guna penyimpanan barang jualan. 

Gudang Crewdible akan mengurus semuanya dari persediaan tenaga kerja hingga melunasi tagihan utilitas. Kamu hanya perlu membayar sewa per bulannya. Mudah bukan? Yuk simulasikan  biaya sewa gudang sekarang!

Baca juga: Perdagangan Internasional: Dampak, Manfaat dan Contohnya
  • Latest Article