Begini Cara Menghitung Kapasitas Gudang, Rumus Lengkap!

Admin gudang mencatat persediaan barang di gudang

Mempelajari cara menghitung kapasitas gudang adalah skill yang bisa membantu kamu dalam mempermudah pekerjaan. Dalam menghitung kapasitas gudang, ada beberapa rumus yang perlu diketahui. 

Lalu, apa saja yang perlu diketahui untuk menghitung kapasitas gudang sesuai dengan kebutuhan? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!


Cara Mengukur Kapasitas Gudang Sesuai Kebutuhanmu

Untuk mencari tahu berapa kapasitas penyimpanan di dalam gudang yang disewakan, kamu dapat mengikuti cara menghitung kapasitas gudang di bawah ini. 

1. Pertama-tama, data yang diperlukan untuk menghitung besarnya kapasitas gudang adalah luas bangunan gedung. Hitung luas bangunan gudang kosong terlebih dahulu. Sebagai ilustrasi untuk mempermudah kamu dalam memahami penjelasan Crewdible, anggap saja luas bangunan gudang adalah 15.000 m2.

2. Kemudian, data yang diperlukan untuk menghitung besarnya kapasitas gudang adalah ruangan nont-penyimpanan. Hitung kebutuhan ruangan, seperti kamar mandi, area loading dan unloading, kantor gudang, serta area lain yang tidak termasuk ruang penyimpanan. Misalnya setelah dilakukan perhitungan didapati luas ruangan non-penyimpanan sebesar 2000 m2. 

3. Langkah pertama dalam tata cara menghitung kapasitas gudang adalah dengan mengurangi luas seluruh bangunan dengan luas non-penyimpanan untuk mendapatkan jumlah luas ruangan dalam gudang yang bisa kamu gunakan untuk penyimpanan produk usaha. 

Berdasarkan contoh dari Crewdible, luas bagunan sebesar 15.000 m2, dikurangi luas ruangan non-penyimpanan sebesar 2000 m2, hasilnya adalah 13.000 m2.

4. Data yang diperlukan untuk menghitung besarnya kapasitas gudang selanjutnya adalah tinggi dari bangunan gudang. Untuk mengukurnya cukup mudah, kamu hanya perlu menghitung jarak antara langit-langit dan lantai gudang. Misalnya, gudang tersebut memiliki tinggi 20 m.

5. Langkah terakhir dari tata cara menghitung kapasitas gudang adalah mengalikan jumlah luas pada poin 3 (13.000 m2) dengan jumlah tinggi bangunan gudang (20 m). Setelah dijumlahkan, maka kamu akan menemukan berapa kapasitas penyimpanan gudang yang disewakan tersebut. Contohnya dalam ilustrasi Crewdible, didapati hasil kapasitas sebesar 26.000 m3.

Setelah mengetahui cara menghitung kapasitas gudang, kamu jadi dapat lebih mudah dalam menentukan gudang manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan usaha kamu. Selain itu, kamu juga dapat meminimalisir terjadinya kekurangan atau kelebihan lahan penyimpanan.

Baca juga: 10 Cara Menata Gudang Sempit untuk Memaksimalkan Penyimpanan


Tips Memaksimalkan Kapasitas Gudang

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara menghitung kapasitas gudang yang baik dan benar. Selanjutnya, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan kapasitas gudang penyimpanan kamu. Berikut ini Crewdible akan bagikan tips jitu cara memaksimalkan kapasitas penyimpanan dalam gudang.

1. Alat penyimpanan yang tepat

Gunakan alat dan sistem penyimpanan yang tepat, baik dari segi bentuk dan juga ukuran untuk memaksimalkan penyimpanan gudang. Berikut di antaranya

Rak pallet

Dengan penyimpanan menggunakan rak pallet akan memungkinkan equipment atau staf mengakses barang secara langsung. Selain itu, rak pallet juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan ukuran dan berat produk usaha kamu, lho. 

Rak pallet sendiri terbagi ke dalam 2 jenis, pertama adalah rak pallet drive in. Rak pallet drive in hanya memiliki satu titik masuk dan menggunakan metode LIFO, yakni sebuah metode di mana produk terakhir yang masuk ke rak menjadi produk pertama yang akan diambil.

Kedua adalah rak pallet drive thru. Berbeda dengan sebelumnya, rak pallet drive thru memiliki dua sisi titik masuk dan menggunakan sistem FIFO, jadi produk pertama yang masuk juga akan menjadi produk pertama yang keluar.

Mezzanine

Mezzanine pada dasarnya berfungsi sebagai lantai lain dalam gudang, sehingga memungkinkan kamu untuk untuk menambah ruang penyimpanan dalam gudang tanpa perlu melakukan konstruksi atau perluasan kembali. Mezzanine cocok untuk menyimpan barang berbentuk unik atau juga bisa dimanfaatkan sebagai area penyortiran.

Stacker crane untuk pallet dan box

Dengan adanya stacker crane untuk pallet dan box juga dapat membantu kamu memanfaatkan ruangan gudang secara vertikal. Alat ini memungkinkan kamu menyimpan tumpukan pallet hingga 40 meter dan box setinggi 20 meter. Mesin ini juga bisa bergerak dengan cepat, jadi tidak akan menghambat produktivitas dan kompatibel kamu tentunya.

2. Atur ulang perlengkapan penyimpanan

Berikutnya, kamu bisa menata ulang perlengkapan penyimpanan atau rak-rak untuk menciptakan layout atau utilisasi area penyimpanan yang lebih optimal. Kelompokan barang berdasarkan ukuran serupa pada tempat yang sama. Sisakan ruang untuk lorong memindahkan barang dan staf dengan ukuran seminimal mungkin. 

Mengatur penyimpanan dengan baik juga bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan staff gudang. Sebab dengan penyimpanan yang baik, mereka akan menemukan barang dengan jauh lebih mudah. 

3. Manfaatkan tinggi gudang

Kamu juga bisa menambahkan kapasitas penyimpanan gudang secara vertikal, lho. Tujuannya tentu saja agar ruangan dapat berfungsi secara maksimal. Caranya, dengan mengubah posisi lampu, cctv dan benda lain yang menggantung pada atap, menjadi menyatu dengan atap atau dinding. Dengan begitu, kamu jadi bisa menambah kapasitas penyimpanan barang produksi.

4. Beri ruang untuk mengembangkan produk usaha

Hindari melakukan stok barang hingga benar-benar memenuhi gudang. Selalu sediakan area kosong agar nantinya ketika kamu ingin mengembangkan produk usaha, kamu masih memiliki ruang untuk menyimpannya.

5. Menggunakan rumus kapasitas gudang 

Tips terakhir adalah jangan lupa untuk selalu menggunakan cara menghitung kapasitas gudang sebelum memilih bangunan yang akan disewa. Hal ini bertujuan agar kamu bisa lebih efisien dalam memanfaatkan gudang tersebut untuk membantu operasional bisnis.


Itulah tadi penjelasan singkat mengenai bagaimana cara menghitung kapasitas gudang. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan tips memaksimalkan kapasitas gudang agar menjadi lebih efisien. 

Jika kamu butuh jasa gudang online yang praktis, efisien, serta harga terjangkau, kamu bisa coba Crewdible untuk mendapatkan pengalaman yang memuaskan. Yuk, saatnya serahkan urusan gudangmu ke Crewdible!

Baca juga: 7 Cara Penyusunan Barang di Gudang agar Lebih Praktis
  • Latest Article