Pengertian Etika Bisnis, Prinsip, Manfaat, dan Contohnya

staff gudang bersalaman dengan penjual

Di mana pun kamu berada, pastinya terdapat aturan tertentu dan wajib ditaati, baik tertulis maupun tidak tertulis. Begitu pula pada dunia usaha. Etika bisnis adalah peraturan yang wajib diikuti supaya usaha kamu mampu berjalan dengan baik.

Mengapa pebisnis perlu menerapkan etika bisnis? Penerapan etika dalam bisnis akan membantu kamu lebih mudah dalam menciptakan lingkungan persaingan yang sehat. Agar lebih mudah memahaminya,, artikel ini akan mengupas tentang apa itu etika bisnis secara lengkap. Simak penjelasannya!


Pengertian Etika Bisnis

Menurut Sumarni (1998:21), pengertian etika bisnis adalah sesuatu yang terkait dengan masalah penilaian aktivitas dan perilaku usaha yang merujuk pada kebenaran atau kejujuran dalam berbisnis.

Pendapat lain yang dikemukakan oleh Bertens (2000) etika bisnis bahkan lebih luas daripada ketentuan yang diatur undang-undang dan merupakan standar yang lebih tinggi dibandingkan dengan standar minimum ketentuan hukum.

Pada dasarnya, etika bisnis adalah aturan tidak tertulis tentang bagaimana suatu bisnis dijalankan dan merupakan norma bagi sebuah perusahaan dalam menentukan keputusan. Pengertian etika bisnis juga bisa disebut sebagai cara untuk berbisnis termasuk semua bagian yang berhubungan dengan perusahaan, publik, dan individu.

Etika bisnis adalah salah satu hal yang memiliki peran penting di perusahaan untuk membentuk perilaku karyawan dan pimpinan. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai pedoman baik bagi karyawan maupun manajemen dalam melaksanakan kewajibannya secara profesional.

Oleh karena itu, apabila etika bisnis tidak diterapkan dalam kegiatan berbisnis, maka akan menimbulkan persaingan yang tidak sehat antar perusahaan, konsumen menderita, dan timbulnya praktek monopoli perdagangan.


Prinsip Etika Bisnis

Pada saat berbisnis, para pelaku bisnis diharapkan menerapkan prinsip etika bisnis yang bisa dijadikan standar untuk berperilaku di sebuah perusahaan. Beberapa hal penting yang menjadi prinsip etika bisnis di antaranya prinsip kejujuran, prinsip tanggung jawab, dan prinsip saling menguntungkan.

1. Kejujuran

Tampaknya, kejujuran selalu ditempatkan pada posisi teratas di segala aspek kehidupan termasuk berbisnis. Para pelaku bisnis diwajibkan untuk menerapkan prinsip etika bisnis ini karena merupakan kunci kesuksesan.

Sebagai contoh, ketika kamu sedang melakukan transaksi jual beli dengan klien, maka prosedur yang dilakukan harus sesuai dengan aturan yang berlaku di perusahaanmu. Selain itu, contoh lainnya adalah dalam hal pelaporan uang yang perlu didasari transparansi.

Ketidakjujuran dalam perilaku bisnis juga dapat digolongkan sebagai bentuk penipuan, terlebih jika terdapat pihak lain yang dirugikan. Bersikap jujur mampu membuat perusahaan dipercaya dan menarik loyalitas konsumen.

2. Tanggung Jawab

Prinsip etika bisnis yang tak kalah krusial berikutnya adalah bertanggung jawab. Bentuk tanggung jawab dalam prinsip etika bisnis adalah dedikasi dan kebersediaan perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan makmur bagi semua pihak yang berhubungan erat dengan perusahaan.

3. Saling Menguntungkan

Dalam berbisnis, memperoleh keuntungan merupakan salah satu target perusahaan. Maka dari itu, prinsip etika bisnis ini harus dijalankan oleh pelaku usaha dengan sungguh-sungguh supaya semua pihak yang terlibat memperoleh keuntungan dan tidak boleh ada pihak yang dirugikan.

Baca juga: Manajemen Pergudangan: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya


Manfaat Etika Bisnis bagi Perusahaan

Etika bisnis adalah hal yang mudah diterapkan jika kamu sudah terbiasa menerapkan etika dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya, menerapkan etika bisnis bisa membawa banyak manfaat positif bagi perusahaan. Berikut manfaat etika bisnis yang perlu kamu pahami.

1. Membentuk Reputasi yang Baik

Dengan menerapkan etika bisnis, perusahaan akan memiliki penilaian dan reputasi baik dari masyarakat sehingga hal ini mampu meningkatkan jumlah konsumen. Bertambahnya jumlah konsumen secara terus menerus dapat membuat bisnismu berkembang dan mencapai target yang diinginkan.

2. Membentuk Kepercayaan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam etika bisnis adalah kejujuran. Hal tersebut akan membuat perusahaan mendapat kepercayaan dari konsumen sehingga terbentuklah konsumen loyal yang dimiliki perusahaan. Selain itu, konsumen tersebut juga akan merekomendasikan perusahaan kamu ke orang lain.

3. Terciptanya Nilai Moral

Moral dan etika bisnis adalah dua hal yang sangat berhubungan satu sama lain. Hal itu disebabkan karena dengan menerapkan perilaku dan etika bisnis oleh semua karyawan dan atasan dapat meningkatkan nilai moral di perusahaan.

4. Menghasilkan Keuntungan

Perusahaan yang konsisten menerapkan etika bisnis akan membuat konsumen percaya dan hasilnya adalah membuat perusahaan mendapat keuntungan finansial tinggi. Ini dikarenakan telah terbentuknya jiwa loyalitas pada konsumen akibat etika bisnis yang diterapkan perusahaan.


Tujuan Etika Bisnis

Tentunya, etika bisnis adalah suatu hal yang dijalankan dengan maksud adanya tujuan tertentu yang ingin dicapai. Salah satunya tujuan etika bisnis adalah meningkatkan pribadi karyawan. Hal ini dilakukan agar tidak adanya penyalahgunaan kepentingan sesama karyawan ketika menjalankan tugas.

Selanjutnya, tujuan etika bisnis adalah sebagai kebijakan internal organisasi untuk menjalankan bisnis dengan adil dan tidak menyalahi aturan. Maka, perusahaan bisa melakukan komunikasi dengan bebas agar karyawan terdorong menjalani kebijakan bisnis yang ada.

Selain itu, tujuan etika bisnis adalah untuk menjaga hubungan satu sama lain yang memiliki kepentingan misalnya pelanggan, pemegang saham, karyawan, pemasok barang, dan siapapun yang berhubungan dengan perusahaan.


Contoh Etika Bisnis

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai contoh etika bisnis adalah mengingat nama, karena seseorang akan merasa lebih dihargai dan nyaman saat bekerja. Meskipun terlihat sederhana, perlakuan ini dapat membuat orang tersebut merasa diakui dan interaksi yang kamu lakukan akan terasa lebih konkret.

Selain itu, berpakaian rapi dan menggunakan bahasa yang baik juga merupakan contoh etika bisnis. Banyak yang mengatakan bahwa pakaian dan perkataan mencerminkan kepribadian seseorang. Hal ini juga berarti kamu menghormati hubungan bisnis, atasan, atau siapapun yang kamu temui.

Mengucapkan terima kasih pun merupakan salah satu perilaku membangun citra yang baik sebab dianggap sebagai bentuk apresiasi atas apa yang orang lain berikan.


Sekian penjelasan mengenai apa itu etika bisnis. Itulah pentingnya menjalankan etika bisnis di perusahaan. Tentunya, hal ini perlu diperhatikan karena sangat menguntungkan bagi banyak pihak.

Berbicara mengenai keberlangsungan bisnis, ada satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan agar bisnis lebih hemat dan praktis terkait penyimpanan inventory. Kamu membutuhkan jasa gudang untuk usahamu? Yuk pangkas biaya operasional dan mulai bisnismu bersama Crewdible!
Baca juga: Manajemen Persediaan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Contoh
  • Latest Article