Perencanaan Layout Gudang yang Efisien dan Contohnya

Staff gudang menata barang-barang di gudang

Layout gudang adalah hal yang penting untuk diperhatikan jika kamu ingin menciptakan manajemen gudang yang baik. Layout atau tata letak pada gudang berpengaruh terhadap kinerja di dalam gudang seperti pengambilan, sortir barang dan lain sebagainya.

Dalam merancang layout gudang yang baik, kamu perlu memperhatikan beberapa hal seperti lokasi dan keamanan. Selain itu, menentukan jenis layout gudang juga cukup penting. Yuk simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.


Pengertian Layout Gudang

Layout atau tata letak gudang adalah hal penting dalam sistem pergudangan. Jika kamu memiliki layout yang baik, maka hal tersebut tentunya akan mempermudah kamu dalam mengatur barang-barang. Selain itu, proses produksi hingga distribusi juga akan semakin efektif serta efisien apabila gudang ditata dengan baik dan benar.

Definisi lain dari tata letak gudang adalah sebuah sistem yang didesain dan digunakan untuk meminimalisir biaya yang ada dengan memanfaatkan volume luas ruang dan penanganan bahan. Jadi, bisa dibilang layout gudang adalah hal utama yang wajib diperhatikan oleh perusahaan.


Tujuan Layout Gudang

Tujuan utama memiliki layout gudang adalah untuk mendapatkan titik optimal di antara biaya penanganan bahan dengan biaya-biaya lainnya. Hal tersebut tentunya membuat pihak perusahaan harus bisa memanfaatkan volume penuh gudang dengan tetap mempertahankan biaya penanganan bahan seminimum mungkin.

Adapun tujuan lainnya ialah sebagai berikut:

  • Agar lebih terorganisir

  • Pencapaian bahan yang mudah

  • Mengoptimalkan proses penyimpanan barang

  • Proses identifikasi barang yang baik dan mudah

  • Proses pengangkutan barang yang cepat dan mudah 

  • Untuk mengoptimalkan penggunaan volume gudang 

  • Mengoptimalkan penggunaan waktu, buruh, dan perlengkapan dengan tepat 


Apa yang Harus Dipertimbangkan dalam Menata Layout Gudang?

Dalam sistem pergudangan, perlu diketahui bahwa kamu harus mempertimbangkan secara benar mengenai layout tersebut. Kemudian, cara membuat layout gudang yang baik membutuhkan beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Lalu, hal apa saja yang biasanya harus dipikirkan dalam menatanya?

1. Lokasi gudang

Untuk menjadi contoh layout gudang yang baik, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah lokasi gudang. Pastikan kamu menempatkannya di lokasi yang strategis. Hal ini dikarenakan akan berdampak ke operasional perusahaan. Kamu juga akan mudah dalam mengakses gudang tersebut.

2. Mudahnya pencarian

Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan dalam menata gudang adalah kemudahan pencarian. Untuk penempatan barang, pastikan kamu membuatnya secara detail, karena semakin detail, maka akan semakin mudah mencarinya.

Baca juga: 7 Cara Penyusunan Barang di Gudang agar Lebih Praktis

3. Keamanan

Tak hanya lokasi yang strategis, lokasi gudang juga harus aman. Keamanan di sini bertujuan agar barang-barang di gudang terjaga keamanannya dengan baik. Contohnya, barang tidak mengalami kerusakan, hilang, atau terkontaminasi barang lain. Sehingga hal tersebut bisa mempermudah proses perjalanan operasional gudang.

4. Kemudahan dalam mengambil

Hal yang perlu dipertimbangkan selanjutnya adalah kemudahan dalam mengambil barang. Kamu bisa menata rak-rak yang ada di gudang dengan baik, misalnya menempatkannya tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat. Selain itu, kamu juga dapat menerapkan sistem FEFO (First Expired First Out), di mana barang dengan kadaluarsa lebih cepat akan diambil terlebih dahulu.

5. Jangkauan

Terakhir yaitu jangkauan. Dalam menata layout, pastikan kamu bisa menjangkau barang dengan mudah. Hal ini juga dapat membantu mempermudah petugas gudang dalam menata barang.


Jenis Layout Gudang

Ada beberapa jenis layout gudang yang perlu kamu ketahui. Di antaranya:

1. Dedicated storage

Dedicated storage merupakan metode di mana setiap barang akan ditempatkan di suatu lokasi penyimpanan yang tetap. Hal ini nantinya akan mempermudah dalam penyimpanan dan pengambilan barang. Namun, kekurangan dari metode tersebut yaitu utilisasi ruang yang rendah.

2. Randomized storage

Randomized storage adalah metode yang digunakan untuk mengatasi kekurangan metode dedicated storage. Dalam metode ini, barang akan ditempatkan pada lokasi yang dekat dengan pintu masuk dan pintu keluarnya. Namun, metode tersebut memiliki kekurangan yaitu pengambilan barang akan membutuhkan waktu lama karena tidak tertata rapi.

3. Class based dedicated storage

Jenis layout ini merupakan gabungan dari jenis dedicated storage dan randomized storage, dimana produk akan dibagi menjadi beberapa kelas. Jenis tersebut memungkinkan kamu untuk menyimpan barang dengan fleksibel namun tetap tersusun rapi.

4. Shared storage

Jenis layout gudang selanjutnya yaitu shared storage, dimana memiliki tujuan untuk mengurangi kebutuhan ruang penyimpanan barang. Shared storage ini memiliki keunggulan yaitu bisa menjadi sistem pemindahan barang yang teratur dan dalam waktu cepat.


Itu dia beberapa cara membuat layout gudang secara efektif dan efisien serta jenis layout yang dapat kamu terapkan untuk gudangmu. Nah, berbicara pergudangan, Crewdible menyediakan jasa gudang online untuk penyimpanan barang, packing, hingga siap pick-up oleh kurir, lho. Yuk cek daftar fitur dan layanan gudang online Crewdible sekarang!

Baca juga: 10 Cara Menata Gudang Sempit untuk Memaksimalkan Penyimpanan
  • Latest Article