Apa itu Resi Gudang (Warehouse Receipt), Manfaat, Bentuknya

resi gudang

Sistem resi gudang adalah kegiatan yang berkaitan dengan penerbitan, pengalihan, penjaminan, dan penyelesaian transaksi resi gudang. 

Selain itu, resi gudang juga menjadi solusi untuk mengatasi persoalan ketersediaan komoditas, fluktuasi harga, serta sebagai alternatif sumber pendanaan bagi para petani.

Mengapa demikian? Apa itu resi gudang sebenarnya dan manfaatnya? Simak penjelasannya lebih lengkap di sini.

Pengertian Resi Gudang

Menurut UU No. 9 Tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang, warehouse receipt atau resi gudang adalah dokumen bukti kepemilikan atas barang yang disimpan di gudang yang diterbitkan oleh pengelola gudang itu sendiri.

Di dalam UU tersebut, dijelaskan bahwa resi gudang dapat dipindahtangankan dengan endorsement, sehingga menjadi ‘negotiable’.

Perlu diketahui arti gudang di sini bisa bermacam-macam, tergantung komoditas yang disimpan. 

Mulai dari beras, kopi, coklat, hingga minyak sawit. Resi gudang juga nantinya dapat digunakan sebagai jaminan atas kredit dari perbankan.

Dikarenakan resi gudang adalah bukti kepemilikan, maka ini bisa diperdagangkan, diperjualbelikan, dipertukarkan, digunakan sebagai jaminan pinjaman, maupun untuk penyerahan barang dalam transaksi derivatif seperti halnya kontrak berjangka.

Namun sayangnya, kalangan para pelaku komersial, termasuk kalangan perbankan maupun petani dan pegangan komoditas belum terlalu mengenal sistem perdagangan resi gudang ini.

Manfaat Sistem Resi Gudang

Beberapa manfaat sistem resi gudang adalah sebagai berikut.

  • Memperkuat daya tawar-menawar petani serta menciptakan efisiensi di dunia agrobisnis, di mana petani dapat menunda penjualan komoditi setelah panen sembari menunggu harganya di pasaran membaik kembali, dengan menyimpan hasil panen mereka di gudang-gudang tertentu yang memenuhi persyaratan.

  • Selanjutnya manfaat resi gudang adalah memungkinkan petani menggunakannya dalam membiayai proses penanaman lahan. Sementara bagi dunia pabrik dapat digunakan untuk membiayai persediaan bahan baku.

  • Memobilisasi kredit ke sektor pertanian. Maksudnya, kepastian jaminan dari pihak gudang tertentu yang telah disetujui oleh suatu institusi meyakinkan pihak bank untuk memberikan pinjaman atas jaminan resi gudang tersebut kepada para petani maupun pedagang yang menyimpan barangnya di gudang itu.

  • Manfaat selanjutnya dari sistem resi gudang adalah memperkecil fluktuasi harga, sehingga petani tak perlu menjual barangnya segera setelah panen, sebab biasanya harganya sangat rendah (dijual karena terpaksa). Dengan menahan barangnya selama beberapa saat, harapannya harganya bisa jadi lebih baik.

  • Mengurangi risiko di pasar-pasar produk pertanian, memperbaiki sistem pengamanan pangan, dan terbukanya akses kredit bagi pedesaan.

  • Manfaat lainnya yaitu mendorong memperbaiki mutu dan transparansi bagi industri pergudangan sebab harus mematuhi peraturan tertentu dan dilakukan pengawasan.

  • Mengurangi ketergantungan terhadap pemerintah dalam perdagangan produk pertanian.

  • Mengurangi risiko kerugian setelah panen lantaran sistem penyimpanannya baik.

Baca juga: Cara Dropship Resi Otomatis di Shopee dengan Mudah!

Bentuk Resi Gudang

Resi gudang adalah bukti kepemilikan yang dibedakan menjadi dua bentuk. Berikut penjelasannya.

1. Negotiable Warehouse Receipt

Negotiable warehouse receipt adalah resi gudang yang bisa diperdagangkan. 

Ini merupakan resi gudang yang memuat perintah penyerahan barang kepada siapa saja yang namanya disebut di resi gudang itu atau penggantinya atas perintah pihak tersebut sebagaimana dinyatakannya dengan endorsement.

2. Non-Negotiable Warehouse Receipt

Non-negotiable warehouse receipt atau resi gudang yang tidak dapat diperdagangkan adalah resi gudang yang tidak patuh pada UU Resi Gudang No.9 Tahun 2006.

Itulah penjelasan seputar sistem resi gudang yang perlu kamu pahami. 

Di Indonesia, perdagangan resi gudang adalah diatur oleh Badan Pengawas Sistem Resi Gudang, yaitu suatu unit organisasi di bawah Menteri di mana memiliki wewenang melakukan pembinaan, pengaturan, serta pengawasan pelaksanaan sistem resi gudang.

Berbicara tentang gudang, kamu bisa lho mengubah space kosong di rumahmu jadi cuan. 

Caranya, kamu dapat mendaftar menjadi mitra gudang Crewdible. 

Kemudian kamu tak perlu melakukan apa-apa, sebab tim Crewdible yang bakal mengelolanya. Menarik, bukan? 

Yuk gabung sekarang juga!

Baca juga: Kartu Stok Barang: Pengertian, Fungsi, Contoh, Cara Mengisi
  • Latest Article