Pengertian dan Cara Sortir Barang dengan Mudah di Gudang

Penjual menyortir barang dagangannya

Sortir barang adalah kegiatan pemisahan barang sesuai dengan masing-masing kategorinya. Misalnya, pemisahan antara barang dengan kualitas baik dan buruk. Ataupun dalam bidang logistik seperti pemisahan sesuai alamat tujuan. Bahkan, gudang rumahmu juga memerlukan sortir, bukan?

Proses sortir barang ini sangat penting dalam mendukung kinerja manajemen gudang. Tanpa adanya sortir, mungkin akan ada banyak kesalahan yang bisa terjadi dalam pengiriman atau persediaan. Nah, lalu bagaimana proses sortir barang? Yuk simak!


Apa itu Sortir Barang?

Sortir barang adalah proses memisahkan barang berdasarkan daerah tujuan pengirimannya. Pelaksanaan sortasi atau pemilihan barang di gudang merupakan tahap penting sebelum melakukan distribusi. Oleh karena itu, dibutuhkan petugas untuk melakukan quality control guna menyortir barang sebelum dikirimkan.

Arti sortir barang dalam dunia logistik adalah memilih barang sesuai dengan alamat kirimnya. Sebelum dikirim, barang akan melewati proses sortir terlebih dahulu. Petugas akan memeriksa apakah barang masih dalam kondisi bagus dan memastikan keamanan packaging. Setelah itu, proses pemilihan berdasarkan daerah tujuan akan dilakukan.


Cara Kerja Sortir Barang dalam Gudang Logistik

Mengingat sortir barang adalah proses yang memerlukan ketelitian, pelaksanaannya harus dilakukan secara sistematik. Terdapat beberapa tahapan dalam proses sortir di gudang guna mencegah adanya kesalahan pengiriman pada proses distribusi.

Adapun cara kerja sortir barang adalah sebagai berikut:

1. Memisahkan Barang Sesuai Tujuan

Langkah pertama dalam sortir barang adalah memilih barang berdasarkan alamat kirimnya. Dalam ilmu logistik, sortir barang artinya memisahkan barang agar tidak ada kesalahan dalam proses pengiriman. Maka dari itu, penting bagi petugas gudang untuk mendata resi pengiriman dari tiap barang supaya barang-barang tersebut sampai di daerah yang dituju.

2. Menggunakan Three Letter Code

Selain menggunakan resi, dalam proses sortasi barang akan ditandai dengan Three Letter Code atau Tiga Huruf Kode Kota. Penggunaan Tiga Huruf Kode Kota berguna untuk melacak tujuan pengiriman barang dengan mudah. Berikut adalah contoh dari kode tersebut:

  • JKT: Jakarta

  • PDG: Padang

  • BTH: Batam

  • SOC: Solo

  • BDO: Bandung

  • BPN: Balikpapan

3. Menempatkan Barang di Gudang

Berikutnya, tahap ketiga sortir barang adalah menempatkan barang di gudang. Barang dengan resi dan kode tujuan diletakkan di tempat penyimpanan atau warehouse untuk disortir kembali berdasarkan alamat tujuan. Proses ini dilakukan agar tidak ada barang dengan kode lain yang tercampur.

4. Mempersiapkan Barang untuk Pengiriman

Tahap selanjutnya adalah picking atau mempersiapkan barang untuk dikirim. Petugas akan melakukan pengecekan dokumen pengiriman barang. Setelah selesai dicek, barang akan masuk dalam proses pengemasan atau packing. Dalam proses pengemasan, barang diberi pelindung berupa bubble wrap, kardus, ataupun kayu.

5. Melaksanakan proses finishing

Langkah terakhir sortir barang adalah finishing. Barang akan dicek kembali dokumen serta resinya. Kemudian, pihak gudang akan melakukan cek pada surat pengiriman dan surat jalan petugas distribusi. Setelahnya, paket akan diserahkan ke kurir untuk dikirim ke alamat penerima.

Baca juga: 7 Cara Penyusunan Barang di Gudang agar Lebih Praktis


Cara Sortir Barang di dalam Rumah

Secara umum, sortir barang artinya proses memisahkan barang sesuai dengan tujuannya. Dalam kehidupan sehari-hari, konsep sortir biasanya lebih dikenal dengan istilah decluttering.

Pemisahan barang sesuai dengan fungsinya dapat menjaga kebersihan dan kerapihan rumah kamu. Di sini, sortir barang artinya memisahkan barang tak terpakai guna menyediakan ruang di area tertentu, seperti ruang tamu dan kamar tidur.

Bagaimana cara kerja sortir barang di rumah? Berikut adalah langkah mudah melakukan sortasi untuk rumah agar bersih dan rapi.

1. Fokus pada Area Tertentu

Mulailah pada satu area dengan tumpukan barang yang banyak di rumah kamu. Memisahkan barang tak terpakai dengan barang terpakai akan membersihkan dan merapikan suatu tempat. Agar proses sortir atau decluttering menjadi mudah, gunakan rak untuk menempatkan barang-barang hasil sortir.

2. Pisahkan Barang Menjadi Empat Macam

Salah satu metode sortir barang adalah pemisahan menggunakan empat kotak. Setiap kotak memiliki label berbeda yaitu dibuang, diperbaiki, disimpan, dan didonasikan. Dengan begitu, kamu bisa memilih apa saja yang harus dilakukan dengan barang hasil sortir selagi membereskan ruangan.

3. Tata Barang di Lemari

Setelah memisahkan barang sesuai kebutuhanmu, pastikan melakukan penataan barang dengan rapi. Gunakan lemari penyimpan barang agar ruangan kamu terlihat bersih dan luas. Selain lemari, gunakan kotak kecil pemisah barang sesuai dengan fungsinya.

4. Lakukan Sortir Barang Secara Rutin

Setelah mengenal arti sortir barang, maka kamu tahu sekarang pentingnya hal tersebut untuk menjaga rumah tetap rapi. Agar tidak terjadi penumpukan barang kembali, jadikan proses sortir barang atau decluttering sebagai rutinitas. Selain rumah bersih, koleksi barang kamu juga akan terorganisir.

Itulah informasi mengenai apa itu sortir barang yang kiranya perlu kamu ketahui. Dalam manajemen gudang, proses sortir barang merupakan hal penting dan perlu dilakukan dengan teliti agar tidak menimbulkan masalah.

Ingin manajemen gudang lebih praktis dan terstruktur? Yuk serahkan saja pada Crewdible sebagai solusi terintegrasi penyimpanan dan pengiriman online.

Baca juga: Kartu Stok Barang: Pengertian, Fungsi, Contoh, Cara Mengisi
  • Latest Article