Staff Gudang Adalah: Pengertian, Tugas, Syarat, dan Gajinya

staff gudang

Mengingat beragamnya jenis gudang, tentu kamu memerlukan pekerja khusus bukan untuk dapat memastikan warehouse tersebut berjalan dengan semestinya? Nah salah satunya yaitu staff gudang. Jadi, staff gudang adalah profesi terkait aktivitas logistik yang berperan penting untuk mengatur sekaligus memastikan proses distribusi barang berjalan lancar.


Selain itu, tugas staff gudang adalah menentukan apakah stok bahan baku masih bisa memenuhi target produksi. Nah kalau kamu penasaran pekerjaan staff gudang seperti apa, Crewdible akan membahasnya lebih lanjut dalam artikel berikut ini. Yuk simak!


Apa itu Staff Gudang?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, istilah apa itu staff gudang sebenarnya sangat dekat dengan dunia pergudangan karena menangani persediaan, pengaturan barang, mendata stok, memastikan tidak ada produk kadaluarsa, hingga membuat laporan setiap melakukan stok opname.

Dapat dikatakan, staff gudang adalah pegawai yang bertanggung jawab untuk mengawasi kelancaran proses distribusi sekaligus penataan barang dalam gudang penyimpanan bahan baku serta produk perusahaan.

Di samping itu, staff gudang juga harus memastikan barang-barang diletakkan sesuai data, daftar, dan memeriksa apakah stock opname berjalan sebagaimana mestinya. Mereka memegang peran yang cukup krusial, mulai dari persiapan proses distribusi sampai melepas barang tersebut ke tangan distributor.


Tugas Staff Gudang

Setelah mengetahui apa itu staff gudang secara singkat, pahami juga rincian tugas dan tanggung jawab mereka. Adapun tugas staff gudang adalah:

1. Menyusun barang sesuai ketentuan

Tugas staff gudang yang paling umum adalah mengatur produk agar tertata sesuai karakteristik tertentu, seperti tanggal diterima, kondisi, ketahanan, dan kelompok lainnya. Itu artinya, apabila sebuah perusahaan ingin melakukan pendistribusian barang, maka staff gudang dapat membantu proses tersebut berjalan secara lancar.

2. Mendata keluar masuknya barang

Tahukah kamu, staff gudang ternyata juga perlu melakukan pendataan lho! Maksudnya, merekalah yang harus memastikan kesesuaian data pada laporan dengan realita lapangan. Nah mendata keluar masuknya barang ini juga bertujuan untuk menyortir produk apa saja yang telah sesuai dengan standar perusahaan.

3. Memantau pemindahan barang saat distribusi

Selanjutnya, tugas staff gudang adalah mengawasi jalannya pemindahan barang selama proses distribusi, baik produk yang masuk maupun keluar gudang. Setelah itu, barang akan dicatat, dipindahkan, dan ditata sesuai kategori yang telah ditentukan.

4. Koordinasi dengan tim

Mengingat kompleksnya tugas staff gudang, melakukan koordinasi antar tim tentu diperlukan untuk menjaga proses penataan, pencatatan, dan pengkategorian produk sesuai SOP. Artinya, seluruh anggota tim wajib memahami bagaimana prosedur dan alur keluar masuknya barang demi memastikan pengelolaan gudang secara tepat.

5. Menyesuaikan data produk yang akan dikirim

Sebelum proses pengiriman dimulai, staff gudang harus melakukan pendataan dan juga memastikan agar seluruh barang yang akan didistribusikan sudah sesuai dengan permintaan pelanggan. Setelah itu, mereka wajib memonitor roda distribusi sekaligus mencatat laporan yang sesuai dengan kenyataan di lapangan.

6. Menaati prosedur dan SOP

Untuk menghindari kesalahan dan salah paham, selama bertugas, staff gudang harus mematuhi seluruh prosedur serta SOP yang telah dibuat perusahaan terkait penyediaan barang, pendistribusian, hingga pengelolaan keseluruhan warehouse itu sendiri.  Ini juga bertujuan demi menciptakan adanya keselarasan kinerja antar tim dengan perusahaan.

7. Memelihara barang 

Terakhir, tugas staff gudang adalah melakukan pemeriksaan serta pemeliharaan barang agar kualitasnya tetap terjaga. Di samping itu, mereka pun wajib memantau kelayakan produk sesuai SOP sehingga pendistribusian dapat berjalan dengan lancar.


Syarat Menjadi Staff Gudang

Dilihat dari berbagai tugasnya, tentu kamu setuju bukan bila perusahaan perlu memberikan beberapa persyaratan khusus saat melakukan proses rekrutmen profesi ini? Nah umumnya, syarat menjadi staff gudang adalah sebagai berikut

1. Memahami prosedur supply chain

Supply chain adalah rangkaian proses suatu barang sejak awal produksi hingga akhirnya sampai ke tangan konsumen. Lalu, mengapa staff gudang wajib memahaminya? Sebab, pekerjaan mereka berkaitan dengan proses penyaluran produk agar sampai ke tangan pembeli.

2. Dapat mengerjakan administrasi gudang

Mengingat kegiatan administrasi gudang yang cukup kompleks, mulai dari pencatatan keluar masuknya barang, penataan sesuai kategori, hingga dokumentasi keseluruhan proses distribusi, tentu staff gudang wajib mengetahui sekaligus mampu mengerjakannya dengan baik.

3. Mempunyai fisik yang kuat

Bila penasaran pekerjaan staff gudang seperti apa, maka dapat dikatakan, bahwa pekerjaan mereka sebenarnya cukup berat. Itulah sebabnya, staff gudang seharusnya memiliki fisik yang kuat untuk bisa mengangkut barang-barang dan berkeliling area warehouse dalam waktu lama.

4. Mengetahui matematika dasar

Syarat menjadi staff gudang yang tak kalah penting yakni memahami matematika dasar. Hal itu mengingat mereka nantinya akan sering melakukan pendataan, pencatatan, menghitung stok, dan membuat laporan tentang suplai barang.

5. Mampu bekerja sama, teliti, dan berkomunikasi dengan baik

Barang-barang yang terdapat di dalam gudang tentu tidak sedikit jumlahnya. Oleh karena itu, staff gudang adalah salah satu pekerjaan yang mengharus untuk selalu fokus dan berkonsentrasi untuk memantau peredaran barang.

Mempunyai ketelitian, kemampuan bekerja sama dengan tim, dan berkomunikasi yang baik tentu merupakan pondasi utama guna memastikan kelancaran koordinasi antar tim.


Gaji Staff Gudang

Setelah mengetahui tugas dan syaratnya, mungkin kamu akan bertanya-tanya, berapa sih gaji staff gudang? Nah sebenarnya, gaji staff gudang di Indonesia sendiri cukup beragam, namun biasanya besaran nominalnya akan disesuaikan dengan UMK masing-masing daerah.

Akan tetapi, jumlah gaji staff gudang ini mungkin saja meningkat ketika ada lembur atau pekerjaan tambahan lain saat liburan atau peringatan hari besar lainnya yang membuat proses distribusi barang melonjak.


Nah sekarang, kamu sudah tahu kan apa itu staff gudang? Kesimpulannya, staff gudang adalah pekerjaan yang membutuhkan fisik kuat dan juga ketelitian cukup demi memastikan kelancaran proses distribusi barang. Setelah dipikir-pikir lagi, pekerjaan dan tugas staff gudang ternyata cukup berat ya, Sobat?


Namun tenang saja! Crewdible, sebagai pionir gudang online terpercaya di Indonesia hadir untuk membantu ekspansi tokomu. Dengan Crewdible, kamu bisa memangkas biaya operasional gudang yang jauh lebih hemat. Gak percaya? Coba lakukan simulasi hitung biaya gudang dan lihat perbandingannya.


Kamu juga dapat mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan tim kami sebelum daftar menjadi seller. Langsung kunjungi Crewdible atau download aplikasinya di Google Play untuk mengetahui informasi selengkapnya. Sampai jumpa!
  • Latest Article