Supervisor Gudang Adalah: Tugas dan Tanggung Jawab

Supervisor gudang mengecek persedian barang di gudang

Dalam mengelola gudang secara profesional dibutuhkan supervisor gudang. Supervisor gudang adalah seseorang yang bertugas untuk mengatur gudang berdasarkan SOP perusahaan.

Selain itu, tugas dan tanggung jawab supervisor gudang adalah untuk memastikan menggunakan pedoman manajemen yaitu POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) saat mengelola gudang. Kira-kira tugas lainnya dari seorang supervisor gudang apa saja ya? Yuk, simak di artikel ini!


Apa Itu Supervisor Gudang?

Mungkin sebagian masyarakat masih awam terhadap apa itu supervisor gudang. Singkatnya, supervisor gudang adalah seseorang yang bertugas untuk mengatur gudang. Supervisor gudang adalah bagian penting yang tak boleh dilewatkan oleh perusahaan.

Seorang supervisor gudang adalah orang yang mengelola kegiatan dan operasional gudang perusahaan setiap harinya agar berjalan lancar. Oleh sebab itu, supervisor gudang harus memiliki pemahaman sistem manajemen gudang yang baik.

Menjadi supervisor gudang juga harus memiliki ide-ide kreatif dan out of the box untuk menciptakan pengelolaan gudang yang efektif dan efisien. Sehingga dapat dikatakan supervisor gudang adalah kunci keberhasilan dari suatu perusahaan.


Tugas Supervisor Gudang

Dalam menjalankan tugasnya, biasanya seorang supervisor gudang akan ditugaskan untuk menyelesaikan tantangan logistik dengan cara berkomunikasi bersama klien, produsen, pemasok, hingga penyedia transportasi.

Tak hanya itu, tugas supervisor gudang adalah menentukan standar atau SOP untuk quality control sebelum pengiriman pesanan ke lokasi tujuan. Biasanya supervisor gudang akan membuat strategi tentang bagaimana cara memaksimalkan produktivitas dengan volume inventaris dan kapasitas gudang yang sudah ada.

Adapun tugas supervisor gudang lainya adalah sebagai berikut.

1. Menciptakan sistem komunikasi di dalam gudang

Seorang supervisor gudang harus bisa dan pandai dalam berkomunikasi. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman antar anggotanya.

2. Memimpin tim dalam menetapkan tujuan produktivitas

Seorang supervisor gudang juga harus memiliki kemampuan leadership yang mumpuni. Hal ini dikarenakan mereka akan memimpin anggotanya untuk menetapkan tujuan produktivitas.

3. Mengawasi dan mengontrol semua barang yang masuk dan keluar sesuai dengan SOP

Mengawasi semua barang yang masuk dan keluar sesuai dengan SOP menjadi bagian dari tugas supervisor gudang, karena hal tersebut akan berpengaruh pada operasional perusahaan.

Baca juga: Apa itu Kepala Gudang? Pengertian, Tugas, Tanggung Jawabnya


Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor Gudang

Selain tugas, ada pula tanggung jawab dari supervisor gudang. Berikut beberapa di antaranya:

  • Bertanggung jawab atas perubahan layout gudang

  • Bertanggung jawab atas sistem operasional gudang 

  • Bertanggung jawab atas transaksi yang terjadi di dalam gudang

  • Melakukan pengecekan atas ketersediaan barang sesuai dengan kebutuhan

  • Melakukan pencatatan atas transaksi barang yang masuk dan keluar ke gudang

  • Mengatur akurasi penerimaan dan pengeluaran barang sesuai dengan SOP yang berlaku

  • Mendokumentasi dan memonitor seluruh aktivitas keluar masuk barang dari kualitas dan jumlah


Itu tadi penjelasan hal-hal yang perlu kamu pahami tentang supervisor gudang, mulai dari pengertian hingga tugas dan tanggung jawabnya. Perlu diketahui bahwa setiap perusahaan pasti membutuhkan supervisor gudang demi lancarnya kegiatan pergudangan.

Jika kamu butuh jasa gudang online yang praktis, efisien, serta harga terjangkau, kamu bisa coba Crewdible untuk mendapatkan pengalaman yang memuaskan. Yuk, saatnya serahkan urusan gudangmu ke Crewdible!

Baca juga: Mengenal Tugas Operator Gudang dan Tanggung Jawabnya
  • Latest Article