Kriteria dan Syarat Lokasi Gudang serta Tips Memilihnya

staff gudang mengecek kondisi barang di gudang

Gudang adalah salah satu komponen penting dalam dunia bisnis. Di ruangan ini, kegiatan pokok bisnis dijalankan. Karenanya, menentukan lokasi penyimpanan barang jualan tidak boleh asal-asalan, harus memperhatikan syarat lokasi gudang.

Untuk itu, pelaku bisnis harus mengetahui cara menentukan lokasi gudang yang tepat. Hal tersebut bertujuan agar kegiatan distribusi seperti penerimaan, penyortiran, dan perhitungan barang keluar dapat dilaksanakan dengan baik tanpa kendala. Penasaran apa saja hal-hal yang harus diperhatikan? Yuk simak penjelasan berikut.


Syarat lokasi gudang

Pertimbangan untuk lokasi gudang yang umum adalah gabungan dari beberapa faktor. Berikut faktor-faktor yang perlu dipertimbangan sebagai syarat lokasi gudang kamu.

1. Pemilihan lokasi

Lokasi adalah faktor pertama yang perlu dipenuhi sebagai syarat lokasi gudang. Cara menentukan lokasi gudang bisa tergantung pada kedekatan dengan pabrik atau pusat produksi. Dengan begitu, biaya operasional dapat ditekan.

Pertimbangkan juga kedekatan gudang dengan tempat bisnis kamu memasarkannya. Pasalnya, jika permintaan barang sedang tinggi, kamu bisa lebih cepat mengantarkannya ke tangan pembeli. Semakin cepat proses pengiriman barang, maka semakin baik pula reputasi bisnis kamu.

2. Luas tempat

Berikutnya ialah pertimbangkan  luas tempat yang akan dijadikan gudang kebutuhanmu. Apabila bisnis yang kamu miliki memiliki stok barang yang besar dan berjumlah banyak, maka luas gudang untuk penyimpanannya juga harus mengikuti. Jika terlalu kecil, ruang gerak akan menjadi sempit. Sebaliknya, gudang terlalu besar akan menyebabkan pemborosan.

Selain memikirkan luas tempat berdasarkan stok barang sebagai syarat lokasi gudang, apabila kamu mendapatkan gudang lebih besar dari kebutuhan namun lokasinya strategis, membagi gudang tersebut dengan perusahaan lain adalah alternatif yang bisa kamu ambil.

3. Faktor keamanan

Dengan banyaknya barang yang telah kamu investasikan, tentu kamu tidak ingin mengambil risiko barang cepat rusak apalagi hilang. Maka dari itu, pikirkanlah fasilitas keamanan pada gudang sebagai syarat lokasi gudang. Fasilitas ini biasanya meliputi CCTV 24 jam dan metode one gate system.

4. Fasilitas yang disediakan

Selain sebagai tempat penyimpanan barang, gudang yang baik juga akan menyediakan fasilitas kantor dengan kondisi layak. Tak hanya berhenti di situ, sekarang banyak gudang berdekatan atau berada dalam satu gedung dengan showroom maupun kantor cabang.

Apabila kamu ingin kemudahan mengawasi kegiatan dalam gudang sekaligus melakukan aktivitas bisnis sehari-hari, pertimbangkanlah faktor berikut dalam syarat lokasi gudang untuk bisnis kamu.

5. Peluang investasi bisnis

Pertimbangan selanjutnya adalah apakah gudang pilihan kamu memiliki peluang investasi bisnis atau tidak. Jika kamu membeli gudang dan tidak lagi memakainya, kamu bisa menyewakannya kepada usaha lain selama periode waktu tertentu.

Kamu juga dapat menawarkan sewa gudang atau menjualnya dengan harga lebih tinggi apabila lokasi gudang strategis. Syarat lokasi gudang satu ini sangat menguntungkan, bukan?

Baca juga: 14 Jenis-Jenis Gudang dan Fungsinya yang Perlu Diketahui


Cara menentukan lokasi gudang

Setelah mengetahui faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam syarat lokasi gudang, berikut tahapan cara menentukan lokasi gudang. Tahap-tahap ini perlu ketelatenan supaya dapat menghindari biaya operasional membengkak.

1. Faktor-faktor di luar kendali

Penting bagi kamu mempelajari terlebih dahulu kebijakan-kebijakan pemerintah pada lokasi gudang potensial kamu. Selain itu, perhatikan juga rencana pembangunan dan peta kawasan industrinya. Pastikan lokasi gudang kamu tidak berada di kawasan rawan bencana. Sebab, hal-hal tersebut akan mempengaruhi kelancaran operasional bisnis kamu di masa depan.

2. Mutu prasarana

Pilihlah tempat dengan akses transportasi yang mudah dicapai oleh truk-truk besar pengangkut barang. Caranya adalah dengan mempertimbangkan kelas jalan, lebar jalan dan kekuatan jalan menahan beban. Untuk menghindari kemacetan, ada baiknya gudang kamu berlokasi dekat dengan pelabuhan, terminal maupun bandara.

Jangan lupakan kebutuhan dasar suatu gudang seperti akses air, listrik dan udara yang memadai. Hal-hal ini sangatlah krusial bagi operasional gudang.

3. Prediksi biaya

Pertimbangan untuk lokasi gudang yang umum dilakukan adalah biaya. Buatlah prediksi mengenai harga sewa sesuai dengan budget yang kamu miliki. Beberapa faktor dengan dampak besar pada biaya termasuk seberapa strategis lokasi gudang dan upah pekerja setempat.


Pemilihan gudang untuk keperluan bisnis tidak bisa dilakukan tanpa memperhatikan syarat lokasi gudang itu sendiri. Pemilik bisnis harus memperhatikan sejumlah faktor penentuan lokasi gudang agar proses distribusi barangnya tidak terhambat.

Jika kamu memiliki kendala dalam hal penyewaan gudang, ada layanan simpan barang jualan di Crewdible. Dengan layanan ini, kamu bisa menyimpan barang tanpa perlu membayar sewa harian gudang. Tertarik mencoba? Jangan lupa kunjungi website kami, ya.

Baca juga: 15 Inspirasi Desain dan Cara Membuat Gudang di Rumah Kecil
  • Latest Article