Cara Membuat Facebook Bisnis Bagi Pemula, Mudah dan Gratis!

cara membuat facebook bisnis

Facebook adalah salah satu media sosial paling digemari, baik sebagai sarana komunikasi, hiburan, bahkan bisnis online. Oleh karenanya, sekarang banyak sekali masyarakat yang mulai mempelajari cara membuat Facebook Bisnis.

Ya, untuk mendukung kelancaran usaha, kamu bisa memanfaatkan Facebook Business Manager. Facebook bisnis ini pun bisa membantu proses pemasaran usaha kamu jadi lebih praktis.

Kabar baiknya, cara membuat FB bisnis nyatanya cukup mudah, lho. Agar tidak bingung, yuk langsung saja simak langkah-langkah yang benar dalam membuat akun facebook bisnis berikut!

Kenapa Harus Menggunakan Facebook Bisnis Manager?

Tak dapat dipungkiri, facebook kini menjadi salah satu sarana yang memberikan peluang besar bagi para pebisnis untuk melakukan pemasaran digital. 

Apalagi melihat jumlah pengguna aktif FB yang cukup besar dari berbagai kalangan usia dan terus bertambah setiap harinya.

Dalam urusan pemasaran, kamu bisa menggunakan Facebook Bisnis Manager yang akan memudahkan kamu mengunggah konten ataupun membuat iklan secara komprehensif di media sosial tersebut. 

Dengan fitur ini, kamu dapat mengelola pemasaran bisnis secara terstruktur dan memungkinkan untuk berbagi akses kepada seluruh tim.

Bukan hanya itu, akun facebook bisnis juga akan membantu kamu mengelola segala informasi yang terdapat di dalamnya. Adapun alasan lainnya kenapa harus menggunakan facebook bisnis manager ialah sebagai berikut.

  • Mengelola Facebook Page

  • Membuat dan mengelola Facebook Shop

  • Mengelola akun iklan Facebook

  • Membaca laporan iklan

  • Menjalankan iklan Facebook (Facebook Ads) dalam satu dashboard

  • Memasukan katalog bisnis

  • Mengatur metode pembayaran iklan

  • Menambahkan tim dan mengelola hak aksesnya

Persyaratan membuat akun Facebook

Lalu, bagaimana cara membuat akun facebook bisnis? Berikut beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi ketika ingin mendaftar Facebook Bisnis Manager.

  • Berusia minimal 13 tahun ke atas

  • Memiliki nomor HP yang aktif

  • Memiliki alamat e-mail yang aktif

  • Memiliki akun facebook pribadi

  • Menggunakan foto pribadi atau bisnis yang tidak menggunakan identitas orang lain

Baca juga: Bisnis Afiliasi: Pengertian, Sistem, Contoh, dan Kelebihan

Cara Membuat Facebook Bisnis

Nah, setelah mengetahui persyaratannya di atas, berikut cara membuat facebook bisnis yang bisa kamu ikuti.

1. Buka Halaman Utama Facebook Bisnis

Cara membuat facebook bisnis yang pertama adalah buka halaman utama Facebook Bisnis Manager atau kamu bisa mengaksesnya melalui link berikut: https://business.facebook.com.

Login menggunakan akun facebook pribadi kamu terlebih dahulu agar dapat membuka halaman utama tersebut, kemudian klik “Buat Akun”.

2. Melengkapi Data Akun Bisnis

Cara membuat facebook bisnis berikutnya adalah melengkapi data. Apabila kamu sudah berhasil login, kamu akan diminta untuk mengisi sejumlah data dan membuat halaman facebook mengenai bisnis yang kamu punya.

Pada bagian ini, masukkan informasi lengkap bisnis kamu, mulai dari nama bisnis dan akun, nama pribadi, beserta email bisnis terkait. Setelah semua terisi, klik “Kirim”.

3. Aktifkan Akun

Adapun cara membuat facebook bisnis yang terakhir adalah mengaktifkan akun. 

Jika semua data telah lengkap dan dikirimkan, nanti kamu akan melihat popup notifikasi bahwa pendaftaran telah berhasil. Dalam tahap ini, akun tersebut belum dapat kamu gunakan secara penuh.

Untuk itu, kamu bisa klik “Selesai” lalu cek email yang kamu daftarkan sebelumnya. Kamu akan menerima sebuah pesan dari Facebook, di mana pesan tersebut berisikan link untuk melakukan pengaktifan akun sepenuhnya.

Buka link tersebut dan klik “Konfirmasi Sekarang”, nanti kamu akan diarahkan ke akun facebook bisnis yang sudah kamu buat dan selesai. Akun kamu kini bisa digunakan.

4. Buat Halaman Fanpage

Setelah sukses menerapkan cara membuat facebook bisnis di atas, berikutnya cobalah buat halaman fanpage. 

Kamu bisa mengatur resolusi foto profil facebook bisnis dengan ukuran yang sesuai agar tampilan akun bisnis kamu jadi lebih menarik. 

Jangan lupa lengkapi informasi seperti deskripsi, kategori, kontak, dan lain sebagainya agar semakin terlihat meyakinkan.

Baca juga: 7 Kunci Keberhasilan Dalam Bisnis yang Wajib Diketahui!

Fitur-fitur Penting di Facebook Bisnis Manager

Setelah memahami cara membuat facebook bisnis, berikut ini terdapat sejumlah fitur-fitur penting dan tentunya berguna untuk membantu kamu mengelola pemasaran.

1. Pages

Fitur pages atau halaman di facebook pada dasarnya ditujukan untuk memungkinkan para pengguna mengelola profil dan akunnya. Bagian ini umumnya meliputi berbagai sub-menu, seperti Page Admin, Page Moderator, Page Editor, Page Analyst, dan Page Advertiser.

2. Product Catalogs

Kemudian, ada pula fitur Product Catalogs yang berguna sebagai wadah untuk mengunggah seluruh katalog produk dari bisnis kamu. Hal ini tentu akan mempermudah kamu melakukan tayangan iklan di facebook.

3. Ad Account

Fitur lainnya yang tak kalah penting adalah Ad Account, atau fitur untuk membuat iklan baru di Facebook. Ya, kamu dapat menambahkan suatu akun iklan baru, mengklaim, atau bahkan meminta akses kepada akun yang sudah ada.

4. Pixels

Lalu, fitur Facebook Bisnis Manager yang terakhir adalah pixels. Fitur ini memungkinkan kamu melakukan pengukuran, pengoptimalan, atau bahkan membentuk audiens untuk iklan bisnis kamu di facebook. 

Dengan parameter tersebut, kamu bisa lebih mudah menentukan efektivitas dari iklan tersebut.

Demikianlah cara membuat facebook bisnis dan hal-hal lainnya yang patut kamu ketahui. 

Kini kamu sudah tahu kan kenapa harus menggunakan facebook bisnis manager dan pentingnya bagi usaha. 

Di samping itu jangan lupa maksimalkan facebook bisnis kamu dengan membuat beragam konten menarik yang sesuai dengan jenis bisnis terkait. Semoga bermanfaat! 

Baca juga: 7 Ide Bisnis Digital Paling Menjanjikan di Tahun 2022
  • Latest Article