8 Cara Memulai Bisnis dari Nol yang Efektif Bikin Sukses

memulai bisnis dari nol

Membangun usaha sering dipahami sebagai tantangan yang sulit dihadapi oleh pebisnis. Hal ini disebabkan pelaku usaha tidak mengetahui cara memulai bisnis dari nol. 

Padahal, jika diamati, setiap perusahaan besar pada awal merintis juga pasti mengalami hambatan dan kesulitan yang sama.

Maka dari itu, perlu dipahami bahwa untuk mencapai kunci keberhasilan dalam bisnis, perusahaan wajib menghadapi segala rintangan yang ada. 

Nah, kalau kamu ingin merintis usaha tapi masih bingung bagaimana cara memulai bisnis dari nol, Crewdible telah merangkum informasinya di artikel ini. Check it out!

Cara Memulai Bisnis Kecil

Tren bisnis berubah seiring berjalannya waktu. Kini, pengusaha dapat mulai berjualan tanpa harus membangun toko fisik. 

Dengan adanya perubahan ini, peluang untuk menciptakan produk atau layanan jasa baru pun semakin besar.

Namun, walaupun peluangnya besar, mayoritas pengusaha sering merasa ragu bahkan takut untuk mendirikan toko fisik maupun online. 

Sehubungan dengan itu, kesulitan yang sering ditemui salah satunya adalah tidak tahu bagaimana cara memulai bisnis yang benar.

Sebenarnya, cara memulai bisnis dari nol itu tidak terlalu sulit. Tetapi, perlu dipahami bahwa seiring berkembangnya bisnis pasti akan ada rintangan serta tantangan yang membuat calon pengusaha merasa ragu dan akhirnya membatalkan niat berjualan. 

Fenomena tersebut tentu saja sangat disayangkan karena jika pengusaha memiliki ide usaha unik, maka potensi untuk meraih kesuksesan bisnis akan semakin tinggi. 

Oleh karena itu, Crewdible telah merangkum beberapa cara memulai bisnis dari nol yang dapat kamu gunakan, sebagai berikut:

1. Menentukan Produk atau Jasa yang Akan Dijual

Salah satu cara memulai bisnis dari nol adalah menentukan produk atau jasa apa yang akan dijual. 

Hal ini menjadi landasan bagi pengusaha untuk mengetahui skema pembangunan bisnis ke depannya.

Pada tahap ini, kamu bisa melakukan analisis kompetitor guna mencari tahu kekurangan dan keunggulannya. 

Selain itu, mengamati pasar serta peluang bisnis juga akan membantu pengusaha menentukan rancangan kasar pemasaran produk.

Akan lebih baik jika kamu menciptakan produk atau jasa yang memiliki ciri khas dibandingkan produk sejenis sehingga dapat menarik minat pembeli. 

Misalnya, jika akan membuat bisnis kosmetik, perlu diketahui bahwa calon konsumen memiliki tingkat ketertarikan tinggi pada kemasan sehingga pengusaha bisa melakukan inovasi pada packaging produk.

Baca juga: Bisnis Plan Adalah: Definisi, Jenis, Contoh dan Cara Buatnya

2. Menentukan Target Konsumen

Hal yang tidak kalah penting sebagai cara memulai bisnis dari nol adalah menentukan target konsumen. 

Perlu dipahami, walaupun kualitas produk dan brand image sudah bagus namun jika target pemasarannya salah, maka pengusaha akan kesulitan untuk mendapatkan profit.

Sebagai contoh, produknya adalah makanan ringan dengan kisaran harga Rp5.000 per bungkus, maka target konsumen utama setelah melakukan riset pasar adalah anak-anak hingga remaja yang memang menyukai jenis produk tersebut dengan harga terjangkau.

3. Fokus Pada Pengembangan Produk atau Jasa

Setelah melakukan kedua cara memulai bisnis dari nol berikut, ada baiknya jika kamu fokus pada pengembangan produk awal perusahaan selama beberapa waktu. 

Sebenarnya, bisa dipahami bahwa memiliki ragam barang memang akan mendatangkan keuntungan berlipat namun juga memiliki risiko kerugian yang tinggi.

Sebagai proses awal, kamu bisa mengoptimalkan strategi pemasaran produk dengan menggunakan teknik digital marketing. 

Lalu, dengan berkembangnya brand awareness, perusahaan akan mencapai posisi stabil dari segi modal, SDM maupun kemampuan bersaing di pasar. 

Nah, jika sudah ada di fase ini, barulah kamu bisa mengeluarkan produk lain. 

Ingat, jangan terburu-buru untuk menambah produk tanpa rencana yang matang karena akan berdampak pada kebutuhan modal dan analisis keuntungan perusahaan.

Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula

Setelah mengetahui cara memulai bisnis dari nol di atas, dapat disimpulkan bahwa membangun usaha adalah aksi sederhana yang diiringi dengan upaya besar. 

Nah, di bagian ini, terdapat beberapa tips memulai bisnis untuk pemula, berikut ulasannya:

1. Memiliki Niat yang Kuat

Tips memulai bisnis pertama yaitu mengumpulkan niat. Sebagai seorang pebisnis, kamu perlu memiliki keyakinan bahwa usaha yang didirikan akan menjanjikan, khususnya dalam hal proyeksi keuntungan masa depan. 

Perlu dipahami, bahwa setiap keinginan harus diiringi dengan usaha yang berlipat ganda. 

Maka dari itu, ketika memiliki passion pada jenis bisnis tertentu dan berniat untuk mencari peluangnya, pastikan kamu mencurahkan tenaga dan pikiran guna mencapai kesuksesan.

Baca juga: 7 Kunci Keberhasilan Dalam Bisnis yang Wajib Diketahui!

2. Mempersiapkan Rencana Bisnis yang Matang

Tips lain sebagai cara memulai bisnis dari nol adalah merencanakan jalur bisnis. Maksudnya, siapkan visi dan misi, tujuan, serta brand value dari perusahaan. 

Ketiga rencana berikut akan membantu perusahaan untuk tetap berjalan lancar dan sesuai jalurnya sehingga risiko kerugian dapat dicegah. 

Selain itu, gambaran ini berperan sebagai panduan bisnis saat menghadapi tantangan di masa mendatang.

3. Rajin Mencatat

Saat memulai bisnis kecil, sebuah hal wajar untuk melupakan atau belum mengetahui hal-hal penting guna kelancaran bisnis. 

Oleh karena itu, pengusaha disarankan untuk mencatat detail produk, perkembangan sistem operasional, bahkan tantangan yang dihadapi perusahaan dalam kurun waktu tertentu. 

Maksud dari catatan di sini hampir sama dengan diary di mana di dalamnya terdapat rincian informasi perusahaan yang dapat digunakan untuk evaluasi bisnis selanjutnya.

4. Terbuka Pada Inovasi dan Evaluasi

Bisnis kecil rentan mengalami kerugian karena ketatnya kompetisi pasar. 

Oleh karena itu, ketika kamu yakin membangun bisnis, pastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan memiliki inovasi yang tidak dimiliki oleh pesaing. 

Inovasi yang dimaksud tidak hanya mencakup kemasan atau kandungan dalam produk tapi dapat juga berbentuk strategi marketing. 

Melalui langkah ini, brand awareness akan terbangun dengan efektif sehingga besar kemungkinan profit akan melebihi ekspektasi.

Selain inovasi, sebagai usaha kecil yang terus berkembang, evaluasi kinerja juga perlu dilakukan secara rutin. 

Kamu bisa mengamati progress penjualan produk, sistem kerja karyawan, hingga taktik pemasaran yang mumpuni. 

Melalui cara ini, perusahaan dapat terus memperbaiki diri dan akhirnya mencapai tujuannya.

Sebagai tambahan informasi, penting bagi seluruh bisnis, baik kecil maupun besar untuk terbuka pada inovasi dan evaluasi. 

Hal ini dikarenakan minat konsumen serta tren pasar terus berubah. Jika perusahaan menolak melakukan dua cara berikut, maka lambat laun akan terkalahkan oleh kompetitor.

Baca juga: Mengenal Pengertian Strategi Bisnis Hingga Cara Membuatnya

5. Terus Mempelajari Peluang Bisnis

Tips memulai bisnis selanjutnya adalah dengan terus mempelajari peluang bisnis. 

Mengacu pada perubahan taktik pemasaran, maka pebisnis harus bersedia untuk selalu belajar, menyesuaikan, bahkan mengubah hal-hal terkait perusahaannya.

Kamu bisa mencari ilmu melalui media sosial, website, atau kelompok pengusaha. 

Dengan mengasosiasikan diri dengan beberapa sumber tersebut, pengetahuan tentang bisnis yang didapat akan membantu proses evaluasi kinerja perusahaan.

Faktor Penentu Kesuksesan Bisnis

Rangkuman cara memulai bisnis dari nol di atas tidak sulit dilakukan, bukan? 

Nah, pada bagian ini, Crewdible akan memberikan informasi tentang faktor penentu kesuksesan bisnis yang dapat menjadi gambaran bagi kamu saat mengembangkan usaha. Simak penjelasannya!

1. Keterampilan

Cara bisnis sukses berkaitan dengan keterampilan yang dimiliki. Perlu dipahami bahwa selain memiliki passion pada jenis usaha tertentu, kamu juga perlu memiliki kemampuan dasar guna menjalankan bisnis tersebut. 

Keterampilan yang dimaksud dapat berupa skill manajemen usaha, komunikasi, pemasaran atau pengetahuan tentang hal-hal terkait produk yang ditawarkan. 

Saat ini, persaingan semakin ketat sehingga kamu perlu terus menyempurnakan keterampilan guna mencapai tujuan bisnis.

2. Komitmen

Berkaitan dengan niat pada kumpulan cara memulai bisnis dari nol, komitmen pun juga perlu dimiliki oleh seorang pebisnis. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa motivasi, keyakinan serta konsisten untuk terus berkembang dapat membawa perusahaan lebih maju. 

Membangun usaha dari awal pasti membutuhkan waktu untuk meraih target keuntungan. Oleh karena itu, berikan waktu dan nikmati proses dari perjalanan bisnis. 

Jangan terlalu memaksakan progress dengan melakukan hal-hal yang mengancam kestabilan perusahaan.

3. Keberanian

Selain dua poin di atas, cara bisnis sukses juga ditentukan oleh keberanian pengusaha saat mengambil keputusan. 

Hal ini disebabkan, sering datangnya rintangan yang tidak bisa diprediksi.

Sehubungan dengan itu, cara memulai bisnis dari nol didasari dengan keberanian seorang pemilik usaha untuk mencari solusi. 

Memang tidak selalu mudah menemukan jalan keluar dari permasalahan yang bahkan tidak tahu kapan munculnya, maka dari itu sebagai pengusaha, kamu harus siap mengambil risiko demi kesuksesan bisnis.

Ringkasan cara memulai bisnis dari nol tersebut akan membantumu guna merencanakan perkembangan perusahaan di masa depan. 

Satu poin yang bisa digunakan sebagai saran bagi para pengusaha yang baru mulai merintis yaitu jangan takut atau ragu untuk melakukan inovasi produk. 

Karena dengan inovasi yang berkelanjutan, kamu dapat menarik calon pembeli yang lebih luas sehingga meningkatkan keuntungan perusahaan. 

Nah, jika ingin mengelola bisnis dengan mudah, yuk daftar menjadi seller Crewdible agar usahamu bisa berkembang pesat!

Baca juga: Cara Membuat Facebook Bisnis Bagi Pemula, Mudah dan Gratis!
  • Latest Article