Kompetitor Adalah: Pengertian, Manfaat & Cara Menghadapinya

kompetitor dalam bisnis

Sebagai seorang pelaku usaha, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan apa itu kompetitor. Secara sederhana, pengertian kompetitor adalah sosok pesaing yang hadir dalam perjalanan atau praktik bisnismu. 

Di mana mereka merupakan instansi atau perusahaan yang bergerak pada bidang atau target konsumen serupa.

Perlu diingat juga bahwa persaingan di pasar akan jauh lebih sulit ketika kompetitormu merupakan instansi yang sudah lama berdiri. 

Namun, jangan berkecil hati, karena pada artikel kali ini Crewdible akan menjelaskan mengenai berbagai tips cara menghadapi kompetitor yang baik dan benar. 

Simak selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Kompetitor dalam Bisnis?

Arti kompetitor adalah para pesaing yang berkompetisi sebab memiliki produk atau menawarkan jasa serupa dengan bisnis kamu. 

Maka dari itu, mereka seringkali dianggap sebagai sebuah risiko atau tantangan bagi para pelaku usaha, di mana perlu dilakukan upaya penaklukan supaya perusahaanmu dapat unggul dan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Kemunculan kompetitor sendiri tidak hanya ada di level perusahaan besar saja, melainkan pada tiap-tiap skala atau tingkatan bisnis. 

Oleh sebab itu, setiap pelaku usaha harus menyikapi keberadaan pesaing ini secara bijak dengan perencanaan yang matang, supaya mampu menyaingi dan menguasai pasar.

Jika salah dalam strategi, kompetitor juga dapat memberikan dampak yang serius bagi usaha kamu, antara lain mulai dari pelanggan berpaling pada produk atau jasa dari pesaing, hingga menurunkan pendapatan bisnis.

Manfaat Kompetitor 

Berdasarkan pengertian kompetitor di atas, kamu tentu akan menilai bahwasannya para pesaing tersebut merupakan hambatan dan berdampak negatif pada bisnis yang sedang berjalan. 

Namun, sebenarnya para pesaing ini juga memiliki beberapa dampak positif, penjelasan lengkap mengenai manfaat kompetitor adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Performa Bisnis

Manfaat pertama dari adanya kompetitor adalah mampu memberikan dorongan kuat pada para pelaku usaha, di mana hal tersebut akan membuat kamu berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan performa bisnismu.

Selain itu, kamu juga akan jadi jauh lebih bersemangat dalam mengembangkan terus usahamu, karena tidak mau kalah saing dengan kompetitor.

2. Memotivasi Pebisnis

Tidak bisa dipungkiri bahwa hadirnya pesaing bisnis juga memberikan dampak positif pada perkembangan usahamu. 

Selain menjadi tantangan bagi perusahaanmu, kompetitor juga dapat membuatmu semakin terpacu dalam meningkatkan layanan, kualitas produk, hingga menciptakan inovasi baru supaya tetap unggul.

Selain itu, manfaat lain dari adanya kompetitor adalah membuat kamu akan senantiasa mengevaluasi segala bentuk kekurangan baik itu pelayanan maupun barang dagang, supaya tidak menjadi celah bagi para pesaing untuk mengalahkan usahamu.

3. Mendapat Pelanggan Setia

Manfaat yang terakhir dari adanya kompetitor adalah hadirnya pelanggan-pelanggan setia yang akan selalu menjadi penikmat dari barang maupun jasa tawaran usahamu. 

Sebab, jika bisnismu mau terus memperbaiki pelayanan, menerima saran, serta meningkatkan kualitasnya, para pelanggan akan tetap memilihmu dibandingkan dengan milik para pesaing usaha.

Terlebih lagi ketika pelayanan yang kamu berikan mampu memberikan kepuasan, kualitas tinggi dan juga memiliki strategi marketing baik, maka brand kamu akan terus bertahan sesulit apapun kondisi persaingan di pasaran.

Cara Menghadapi Kompetitor

Setelah memahami pengertian dan juga manfaat dari pesaing bisnis. Selanjutnya, penjelasan lengkap mengenai tips cara menghadapi kompetitor adalah sebagai berikut.

1. Tidak Menganggap Remeh Persaingan Bisnis

Cara pertama dalam menghadapi kompetitor adalah dengan tidak menganggap remeh kompetisi atau persaingan dagang dengan bisnis lainnya. 

Sebab, setiap saat akan muncul pesaing baru, di mana mereka bisa kapan saja mempengaruhi dan meningkatkan risiko dalam jalannya usahamu.

Adapun, kamu juga tidak boleh meremehkan kompetitor kecil, sebab mereka dapat menjadi tantangan pesaing harga di pasaran, mengingat terbatasnya jumlah alat dan staf yang mana juga akan meminimalisir HPP atau Harga Pokok Produksi mereka.

2. Tidak Bermain Kotor

Sebagai seorang pelaku usaha, tips berikutnya untuk menghadapi kompetitor adalah dengan bijak dalam mengambil langkah dan tidak menggunakan cara kotor dalam berkompetisi. 

Sebaiknya, kamu mengevaluasi usaha dan memperbaiki segala sesuatunya sebagai upaya untuk bersaing dengan kompetitor, bukan berusaha menarik pelanggan dengan cara menjelek-jelekan brand mereka. 

Sebab, daripada hanya memperoleh keuntungan besar sesaat, bukankah lebih baik meningkatkan kualitas supaya mendapat kepercayaan dari konsumen.

3. Tidak Lengah

Tips selanjutnya untuk menghadapi kompetitor adalah memperhitungkan setiap tindakan, sebab hal tersebut akan memberikan dampak yang signifikan pada bisnismu.

Jadi walaupun produk buatanmu merupakan yang paling unggul dan terbaik diantara lainnya, namun kamu tetap tidak boleh lengah pada persaingan di pasaran.

4. Tidak Meniru

Langkah terakhir dalam menghadapi kompetitor adalah dengan tidak menjadi peniru. 

Meskipun banyak usaha yang bergerak pada industri dan bidang sama, bukan berarti kamu harus mengikuti berbagai hal yang mereka tampilkan atau berikan pada pelanggan.

Sebaliknya, cobalah untuk membuat inovasi atau terobosan baru dari usaha tersebut. 

Selain itu, buatlah strategi-strategi marketing seperti iklan, promo, diskon dan lain sebagainya, guna menarik minat pelanggan supaya memilih produkmu.

Demikian penjelasan Crewdible mengenai apa itu kompetitor dalam bisnis, hingga cara dalam menghadapinya. 

Nah, bagi kamu yang masih bingung dalam mengatur gudang dan mengelola barang usahamu, kunjungilah Crewdible

Crewdible pionir gudang online terpercaya dengan lebih dari 5000 seller dan 100 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia, kini saatnya kamu mempercayakan masalah operasional gudang pada kami. 

Kamu juga bisa melakukan simulasi hitung biaya gudang terlebih dahulu sebelum daftar menjadi seller. Tunggu apa lagi? Yuk gabung sekarang juga!
  • Latest Article