Seller: Pengertian, Tujuan, Jenis, Ciri, dan Bentuknya

penjual bisnis online di rumah

Seller adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti penjual. Pada umumnya, seller adalah seseorang yang menjualkan produk kepada konsumen agar mendapat keuntungan. Dalam hal ini, produk bisa berupa barang maupun jasa.

Kegiatan jual beli untuk mengambil keuntungan bukanlah sesuatu yang baru. Sejak belum ditemukannya mata uang, transaksi jual beli telah dilakukan dengan cara menukarkan barang satu dengan barang lainnya. 

Namun saat ini, banyak orang memilih menjadi seller sebagai profesi utama mereka. Mengapa demikian?

Nah sebenarnya, apa itu seller dalam dunia perdagangan? Dan apa tujuan, jenis, dan bentuk penjualan yang dilakukan oleh seller?

Atau bahkan, bagaimana cara menjadi seller? Yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Seller?

Dalam dunia perdagangan, istilah seller adalah hal yang sudah tidak asing lagi. Perannya di kehidupan sehari-hari sangat diperlukan bagi pemenuhan kebutuhan konsumen. 

Di samping tugasnya dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, tujuan seller adalah melakukan bisnis jual beli untuk meraup keuntungan.

Saat ini salah satu faktor utama maraknya seller adalah adanya dunia perdagangan online. Internet menjadikan proses jual beli lebih mudah dan praktis. 

Transaksi yang dulunya membutuhkan banyak biaya kini bisa dilakukan dengan instan. Kamu hanya butuh mengklik check out pada platform e-commerce untuk menyelesaikan proses pembelian suatu barang.

Tujuan dari Kegiatan Penjualan

Kemudian, apa sebenarnya tujuan dari penjualan? Seller adalah salah satu peran penting dalam suatu kegiatan ekonomi. 

Menjualkan suatu produk bisa mendatangkan keuntungan bagi suatu usaha. Tentunya hal tersebut menjadi tujuan utama dijalankannya suatu bisnis. 

Namun apa yang dilakukan dengan keuntungan tersebut penting bagi kelangsungan perusahaan.

Pendapatan dari kegiatan penjualan bisa membantu meningkatkan kinerja suatu usaha. Tentunya dengan peningkatan pendapatan setiap bulannya, seller bisa mengembangkan bisnis serta menikmati laba dari hasil penjualan. 

Tidak hanya meraup keuntungan besar, namun kesuksesan bisnis juga akan mengundang para pelanggan tetap.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Biaya Sewa Gudang, Mudah, Anti Ribet

Jenis Penjualan

Sebagai seller, jenis penjualan merupakan hal penting bagi pengembangan bisnis. Adapun beberapa jenis-jenis penjualan adalah:

1. Trade selling

Penjualan jenis ini dilakukan dengan memberikan wewenang bagi pihak ketiga untuk memodifikasi pendistribusian barang. 

Biasanya, seller usaha besar akan melakukan hal tersebut supaya pengecer atau pedagang grosir bisa meningkatkan hasil penjualan.

2. Technical selling

Salah satu jenis selling adalah penjualan dengan tujuan menyelesaikan masalah pelanggan. Technical selling dilakukan melalui pemberian saran terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan penawaran produk yang dapat mengatasi isu atau komplain dari pelanggan tersebut.

3. Missionary selling

Jenis penjualan berikutnya adalah missionary selling. Di sini, penjual menyalurkan produknya melalui distributor tersendiri dengan tujuan mendorong konsumen membeli dari distributor secara langsung.

4. Responsive selling

Terdapat dua elemen dalam responsive selling, yaitu route driving dan retailing. Untuk jenis penjualan ini, reaksi permintaan pembeli memegang peran penting. 

Hal tersebut ditujukan agar seller dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan menggaet lebih banyak pelanggan tetap.

5. New business selling

Pada jenis penjualan ini, seller akan mengusahakan calon pembeli untuk menjadi pembeli. Biasanya perusahaan asuransi merupakan contoh umum dari jenis new business selling.

Baca juga: Pengertian dan Cara Sortir Barang dengan Mudah di Gudang

Bentuk Penjualan

Apabila jenis penjualan dibedakan berdasarkan cara menjual produk ke konsumen, bentuknya dibagi berdasarkan wujud transaksi pembayarannya dan cara belinya. Adapun bentuk penjualan adalah:

  • Tunai: pembayaran langsung sesuai harga yang disepakati oleh penjual dan pembeli

  • Kredit: pembayaran dilakukan secara berangsur sesuai dengan kesepakatan

  • Grosir: pembelian dalam jumlah besar dengan harga lebih murah dari harga pasar karena barang akan dijual kembali

  • Tender: penjual membuka penawaran terhadap produk yang dijual dan akan menjual barang kepada penawar terbaik

  • Ekspor: penjualan barang ke negara lain guna mendapatkan keuntungan

Cara Menjadi Online Seller

Saat ini banyak orang mulai beralih profesi menjadi online seller. Kultur internet menjadikan transaksi jual beli barang lebih mudah dan praktis sehingga banyak keuntungan yang bisa diraup dari sektor perdagangan online.

Online seller adalah penjual yang memperjualkan barang dagangan di platform e-commerce dan media sosial lainnya. 

Untuk menjadi seller di dunia online, kamu akan membutuhkan beberapa tips. Adapun cara mudah menjadi online seller adalah:

1. Jadilah seller yang informatif

Seller adalah sumber informasi bagi konsumen. Memberikan informasi produk dan detailnya merupakan tugas utama dari online seller. 

Pastikan untuk memberitahu cara pemesanan, metode pembayaran, dan jasa pengiriman sesuai yang diminati pembeli. Tuliskan deskripsi dan dimensi barang secara lengkap jika perlu.

2. Tampilkan review dari pelanggan

Adanya review positif dari konsumen menandakan bahwa usaha kamu terbilang sukses. Dengan menampilkan review yang sudah ada di akun media sosial bisnismu, diharapkan calon pembeli atau pelanggan akan tertarik untuk membeli produk.

3. Lakukan transaksi pembayaran dengan mudah

Untuk memberikan kemudahan kepada pembeli, sediakan opsi pembayaran lewat transfer bank. 

Selain transfer ke bank, kamu juga bisa menawarkan pilihan pembayaran melalui dompet digital kepada pelanggan.

Itulah pembahasan seputar seller dan informasi mengenai kegiatan penjualan di dunia perdagangan. 

Seller adalah orang yang berperan penting dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Oleh karenanya, seller wajib memiliki manajemen pergudangan yang handal agar bisnisnya bisa berjalan lancar.

Maka dari itu, yuk segera daftar jadi seller di Crewdible agar proses penyimpanan barang aman dan penjualan berjalan dengan lancar!

Baca juga: Apa itu Gudang? Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Manfaatnya
  • Latest Article