Customer Relationship: Pengertian & Pentingnya untuk Bisnis

Customer Relationship

Customer relationship adalah salah satu strategi marketing yang digunakan bisnis untuk membangun hubungan baik dengan customer. 

Dalam jangka panjang, customer relationship yang baik akan membuat pelanggan lebih loyal sehingga tidak berpaling ke kompetitor.

Karena perannya yang penting dalam bisnis, yuk pahami apa itu customer relationship di artikel berikut ini!

Pengertian Customer Relationship

Customer relationship adalah strategi marketing untuk menjaga hubungan konsumen yang sudah pernah bertransaksi dengan bisnis.

Cara kerja dari strategi customer relationship adalah mengelola, mengatur, dan membuat program khusus supaya konsumen bersedia untuk kembali serta tidak pindah ke kompetitor. 

Customer relationship management atau CRM berfokus pada hubungan yang menguntungkan bagi bisnis ataupun konsumen secara jangka panjang.

Dengan demikian, bisnis tidak hanya bagaimana memikirkan cara mendapatkan pembelian pertama, namun juga harus mengatur strategi agar pembeli mau membeli lagi nantinya.

Dapat dikatakan, pentingnya customer relationship adalah untuk meningkatkan nilai retensi pelanggan.

Hal ini tentu hanya bisa diraih jika hubunganmu dengan konsumen terjalin dengan baik.

Pada intinya, customer relationship adalah cara bisnismu untuk memberikan kepuasan terhadap konsumen supaya mereka menjadi pelanggan setiamu.

Manfaat Customer Relationship

Adapun beberapa manfaat dari customer relationship adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Apabila hubungan antara bisnis dan konsumen terjalin dengan baik, maka loyalitas mereka akan meningkat.

Pasalnya, konsumen akan merasa puas atas layanan yang diberikan sehingga mereka pun tertarik untuk melakukan pembelian ulang.

Semakin sering transaksi dilakukan, maka hubungan emosional akan ikut terjalin. Dengan demikian, konsumen akan menjadi lebih loyal dengan brand tersebut.

Oleh sebab itu, perusahaan perlu meningkatkan pelayanannya serta memberikan produk atau jasa berkualitas supaya konsumen tidak berpindah ke pesaing. 

Baca juga: Mengenal Konsep Marketing Mix 7P dan Contohnya dalam Bisnis

2. Sarana untuk Mendapatkan Umpan Balik dari Pelanggan

Manfaat selanjutnya dari customer relationship adalah kamu bisa mendapatkan umpan balik atau saran dari konsumen.

Hal ini penting sebagai sarana untuk mendengarkan kebutuhan mereka sehingga perusahaanmu mendapatkan masukan yang bernilai untuk bisa lebih baik lagi.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Demi bisa mendapatkan kepuasan dari konsumen, kamu perlu memenuhi ekspektasi mereka atau bahkan melampauinya.

Konsumen yang puas dengan produk dan layanan bisnismu akan memberikan umpan balik sekaligus ulasan positif sehingga dapat menarik pelanggan baru serta meningkatkan reputasi perusahaanmu.

Jenis Customer Relationship

Adapun beberapa jenis customer relationship adalah sebagai berikut:

1. CRM Operasional

CRM operasional merupakan sebuah perangkat digital yang berfungsi untuk mempermudah proses bisnis terkait dengan sales automation, marketing automation, dan service automation.

Jenis CRM yang satu ini sangatlah populer dan paling banyak digunakan pada berbagai industri bisnis.

Pasalnya, CRM operasional bisa membantumu mendapatkan konsumen potensial beserta data dan kontaknya, serta menyediakan produk yang sesuai dengan customer journey mereka.

Beberapa contoh dari CRM operasional adalah sebagai berikut:

1. Sales Automation

Sales automation atau otomatisasi penjualan merupakan alat yang membantu bisnis untuk mengotomatisasi proses penjualan mereka.

Fungsi dari sales automation yaitu sebagai standar bagi perusahaan untuk menghasilkan konsumen baru serta menjaga hubungan dengan pelanggan lama.

2. Marketing Automation

Marketing automation adalah CRM operasional yang fungsinya untuk memberikan penawaran produk dan melakukan pendekatan kepada konsumen potensial.

3. Service Automation

Service automation atau otomatisasi layanan adalah alat untuk menjaga konsumen lama melalui penyediaan layanan terbaik serta hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Baca juga: 9 Strategi Penjualan Produk dan Contohnya yang Harus Dicoba!

2. CRM Analitik

Selanjutnya ada jenis customer relationship berupa CRM analitik, yaitu sistem yang membantu top management, marketing, sales, dan customer service dalam menganalisis data.

Dengan menggunakan CRM analitik, kamu bisa mengetahui data konsumen atau performa perusahaan yang pastinya akan bermanfaat dalam membuat keputusan terkait pelayanan.

Kamu bisa mendapatkan data pelanggan dari berbagai sumber dan hasilnya bisa dijadikan sebagai insight atau informasi mengenai status terkini perusahaan.

Sebagai contoh, top management bisa mengambil keputusan mengenai kebijakan pemasaran dengan lebih baik serta mengetahui efektivitas strategi.

Selain itu, sales executive juga dapat meningkatkan penjualan dan customer service berkat data yang mereka miliki.

3. CRM Kolaboratif

Selanjutnya ada CRM kolaboratif yang fungsinya supaya perusahaan bisa membagikan informasi pelanggan dengan mudah antar unit bisnis.

Misalnya saja, tim sales bisa mengirimkan data terkait konsumen potensial atau total penjualan ke tim lain seperti marketing dan teknis.

Dengan adanya CRM kolaboratif, bisnis bisa lebih mudah menyatukan semua tim melalui penyebaran informasi yang mudah sehingga tujuan perusahaan lebih mudah tercapai.

4. CRM Manajemen Kampanye

CRM manajemen kampanye memadukan dua jenis customer relationship sebelumnya yaitu CRM analitik dan operasional.

Fitur yang di dalam sistem CRM manajemen kampanye akan membuat data konsumen lebih mudah dikumpulkan dan kamu bisa mendapat wawasan berguna untuk kampanye pemasaran.

Baca juga: 50 Contoh Ucapan Terima Kasih Untuk Customer Online Shop

Contoh Customer Relationship dalam Bisnis

Berikut ini adalah beberapa contoh customer relationship management atau CRM dalam bisnis:

1. Respon Otomatis 

Cara untuk meningkatkan customer relationship adalah memastikan bahwa konsumen bisa menghubungimu dengan mudah dan mendapatkan tanggapan secepat mungkin.

Caranya adalah dengan membuat sistem yang dapat merespon pesan konsumen secara otomatis. Dengan demikian, percakapan tetap berjalan walaupun kamu sedang tidak aktif.

Respon otomatis juga membantumu untuk bisa fokus menemukan solusi tanpa harus selalu merespon satu persatu.

2. Mengaktifkan Analisis Bisnis

Dalam mengelola data yang besar, kamu perlu menggunakan alat analisis supaya bisa memberikan wawasan berharga untuk mengambil keputusan strategis.

CRM bisa membantumu untuk melakukan analisis data sehingga proses pemecahan masalah bisa lebih mudah.

Kamu juga bisa melihat tren terkini dengan lebih jelas sehingga hal tersebut bisa menjadi informasi yang berharga.

3. Integrasi Beberapa Aplikasi

CRM bisa juga digunakan sebagai alat untuk mengintegrasikan sejumlah aplikasi penting yang ada pada bisnismu.

Sebagai contoh, kamu bisa menggabungkan email, ponsel, kalender, hingga laporan di dalam satu sistem.

Hal ini memungkinkan data bisa diakses hanya dengan satu aplikasi saja sehingga kamu tidak perlu berpindah-pindah platform.

4. Melacak Aktivitas Customer dan Campaign

Contoh customer relationship lainnya adalah alat untuk melacak aktivitas konsumen. Misalnya seperti cara mereka menemukan produk atau bisnis hingga melakukan pembelian.

5. Melakukan Survei Seputar Bisnis

Kamu juga bisa melakukan survei seputar bisnis melalui CRM. Data dan sistem otomatisasi CRM akan sangat berguna pada saat melakukan riset pemasaran survei.

Setelah membaca uraian di atas, kini kamu mengetahui bahwa customer relationship adalah salah satu aspek penting dalam bisnis.

Sebab, kehadirannya memberikan manfaat, yakni dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Nah, agar bisnismu lebih efisien, kamu bisa menggunakan jasa fulfillment dari Crewdible untuk mengurus hal-hal operasional. 

Dengan Crewdible, kamu tidak perlu lagi repot-repot menyimpan barang jualan atau packing. Tidak hanya itu, biaya yang dibutuhkan pun juga lebih murah. 

Karena hemat biaya operasional, kamu jadi memiliki lebih banyak modal untuk ekspansi bisnis. So, tunggu apa lagi? Yuk daftar jadi seller Crewdible sekarang!

Baca juga: Personal Selling: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, & Contohnya
  • Latest Article