Kenali Pekerjaan Customer Service dan Besaran Gajinya!

Customer Service

Customer service adalah salah satu pekerjaan paling krusial dalam pemasaran bisnis, khususnya terkait hubungan antara perusahaan dan konsumen.

Pasalnya, tugas customer service adalah memastikan bahwa konsumen mendapatkan kepuasan dari layanan yang diberikan.

Nah, mau tahu lebih dalam seputar pekerjaan customer service, fungsi, jenis, hingga besaran gajinya? Yuk, simak artikel berikut ini!

Apa Itu Pekerjaan Customer Service?

Customer service adalah bentuk pelayanan yang diberikan perusahaan bagi para konsumen mereka ketika sebelum, saat, maupun setelah proses transaksi dilakukan.

Tujuan customer service adalah supaya konsumen bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan selama berhubungan dengan bisnismu sehingga ekspektasi mereka terpenuhi.

Tidak hanya itu, customer service adalah salah satu faktor utama yang menjadi alasan konsumen untuk melakukan pembelian pada suatu brand.

Proses dari customer service adalah pihak perusahaan menyediakan karyawan khusus yang akan berinteraksi langsung dengan konsumen sebagai perwakilan dari brand atau bisnis.

Saat ini, bentuk customer service adalah beragam mulai dari layanan langsung di tempat, telepon, email, media sosial, hingga live chat, dan online meeting.

Fungsi Customer Service

Selanjutnya, beberapa fungsi customer service adalah sebagai berikut:

1. Media Penjualan

Biasanya, tugas utama dari seorang customer service adalah menjawab berbagai pertanyaan konsumen dan memberikan solusi dari apa yang mereka butuhkan.

Di samping itu, terdapat tugas tambahan yang perlu dilakukan oleh customer service.

Yup, mereka harus bisa menyelipkan penawaran produk di tengah obrolan dengan konsumen. Bentuknya bisa saja penawaran solusi berupa produk atau layanan beserta diskon spesial.

Dengan cara ini, customer service diharapkan bisa membantu meningkatkan penjualan perusahaan.

Baca juga: Personal Selling: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, & Contohnya

2. Relasi Publik

Customer service adalah pihak pertama atau mungkin satu-satunya yang menjadi perwakilan perusahaan dalam melayani konsumen.

Itulah sebabnya, tugas lain dari customer service adalah menjaga relasi publik. Pasalnya, kualitas layanan yang mereka berikan akan menjadi image keseluruhan bagi perusahaan.

Dengan memberikan layanan yang terbaik, customer service memberikan citra positif bagi perusahaan di mata pelanggan dan bahkan memengaruhi loyalitas mereka.

Fungsi customer service lainnya adalah kamu bisa mencari tahu apa yang dibutuhkan konsumen dan bagaimana feedback mereka terhadap produk atau jasa. 

3. Database Konsumen

Selama berhubungan langsung dengan pelanggan, customer service pasti akan meminta data pribadi mereka untuk berbagai keperluan.

Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuat database konsumen. Jadikan customer service sebagai tempat untuk mengumpulkan data tersebut.

Ada banyak hal yang bisa kamu manfaatkan dari database konsumen seperti mengetahui rata-rata demografi konsumen, produk yang paling banyak dicari, dan kebutuhan penjualan lainnya.

Tugas Customer Service

Setelah mengetahui fungsi customer service, kamu tentu juga penasaran dengan tugas apa saja yang akan dilakukan oleh mereka.

Nah, beberapa tugas customer service adalah sebagai berikut:

1. Menyalurkan Informasi

Pertama, tugas customer service adalah sebagai pusat informasi lengkap mengenai produk atau layanan yang dimiliki perusahaan.

Informasi tersebut harus bisa tersalurkan dengan baik ke seluruh pihak yang membutuhkan, mulai dari konsumen, calon konsumen, dan bahkan non-konsumen.

2. Sumber Jawaban Konsumen

Tugas customer service selanjutnya adalah sebagai tempat konsumen bertanya dan mencari jawaban. Seorang customer service harus siap menjawab segala pertanyaan dari pelanggan.

Itulah sebabnya, karyawan di posisi ini harus memiliki pemahaman lengkap dan solid mengenai hal-hal seputar produk atau jasa yang ditawarkan.

Jangan sampai, konsumen tidak bisa menemukan jawaban dari customer service. Sebab, jika tidak dengan customer service, ke mana lagi mereka harus bertanya?

Baca juga: Mengenal Sales Kanvas & Bedanya dengan Sales Taking Order

3. Menyelesaikan Masalah Pelanggan

Selama melakukan proses transaksi atau setelah membeli produk dan jasa, konsumen bisa saja mengalami sejumlah kendala yang tidak menyenangkan.

Nah di sini, tugas customer service adalah hadir dan membantu konsumen dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Pastikan bahwa kamu memiliki solusi yang tepat untuk setiap kendala mereka. Sebagai catatan, prosesnya tentu akan menguji kesabaran karena sifat konsumen berbeda-beda.

Meski demikian, customer service harus tetap profesional dan memprioritaskan mereka supaya pelanggan tidak merasa kecewa.

4. Menjaga Reputasi Bisnis

Menjaga reputasi bisnis menjadi salah satu tugas yang secara tidak langsung dilakukan oleh customer service.

Sebab, cara customer service dalam memberikan pelayanan kepada konsumen akan dinilai dan menentukan baik buruknya citra perusahaan di mata publik.

Kamu harus memperhatikan hal ini dengan baik karena ada bisnis yang merugi hanya karena satu kesalahan pada customer service tersebar di internet.

5. Mengelola Admin

Terakhir, tugas customer service adalah mengelola segala keperluan administrasi yang berkaitan dengan konsumen.

Selama memberikan pelayanan, seorang customer service akan membutuhkan sejumlah data konsumen untuk berbagai keperluan.

Data tersebut perlu disimpan dan dikelola dengan manajemen administrasi yang baik supaya tidak hilang atau terpencar.

Pengelolaan administrasi yang baik tentu akan memudahkan customer service dalam memberikan pelayanan kepada konsumennya.

Baca juga: Mengenal Sales Counter: Pengertian, Tugas, Gaji & Kualifikasi

Jenis Customer Service

Lalu, apa saja jenis customer service yang seringkali digunakan oleh perusahaan? Berikut ini adalah beberapa contohnya.

1. Email atau Telepon

Salah satu media yang telah lama digunakan untuk customer service adalah email dan telepon. 

Perusahaan biasanya akan menyebarkan kontak bisnis mereka di berbagai tempat seperti website, iklan, brosur, dan lain sebagainya.

Konsumen yang ingin menanyakan seputar produk maupun jasa, meminta bantuan, atau melakukan pembelian, bisa menghubungi kontak bisnis tersebut.

2. Media Sosial

Kini, banyak juga perusahaan yang menjadikan media sosialnya tidak hanya alat pemasaran, tapi juga sebagai pusat customer service.

Biasanya, perusahaan seperti layanan internet mengarahkan konsumen untuk menyampaikan keluhan melalui Twitter dan mereka akan meresponnya secepat mungkin.

3. Live Chat

Perusahaan yang proses bisnisnya berpusat di website juga bisa menyediakan fitur customer service berupa live chat. 

Konsumen bisa langsung menghubungi petugas customer service secara real-time sehingga mereka tidak perlu menunggu balasan untuk waktu yang lama.

Gaji Customer Service

Setiap perusahaan memberikan gaji customer service yang berbeda-beda. Adapun faktor utama yang menentukannya adalah pengalaman, industri, dan lokasi kerja.

Namun demikian, rata-rata gaji customer service per bulan adalah sekitar Rp4.500.000 hingga Rp5.000.000. Sebagai catatan, angka ini tidak termasuk dengan bonus dan komisi.

Kamu bisa melakukan pekerjaan customer service secara part time ataupun full time.

Bagaimana? Customer service adalah pekerjaan yang menarik dan cukup menjanjikan bukan?

Dengan memahami apa itu pekerjaan customer service beserta jumlah gaji yang didapatkannya, semoga kamu bisa lebih mantap dalam memilih kariermu ke depan ya.

Yuk, dapatkan konten lainnya seputar pemasaran dan bisnis di blog Crewdible!

Baca juga: Sales Force: Pengertian, Fungsi, Tugas, Gaji, dan Manfaatnya

  • Latest Article